..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Eksistensi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo.

Mandasari, Utarika (2021) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Eksistensi Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Utarika A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mandasari, Utarika. 2021.Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Eksistensi Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Desa Kutu Wetan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Eksistensi Sekolah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh baiknya strategi kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman dalam membangun eksistensi madrasah. Setiap lembaga pendidikan pasti memiliki pemimpin yang disebut kepala sekolah atau kepala madrasah. Di lingkungan sekolah secara sederhana kepala sekolah dapat dikatakan sebagai tenaga fungsional guru yang ditugaskan untuk memimpin sekolah. Seorang pemimpin tentu memiliki strategi tersendiri dalam memimpin suatu lembaga pendidikan supaya tercipta tujuan yang ingin dicapai.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam membangun eksistensi sekolah di MI Nurul Iman, 2) mendeskripsikan hal-hal yang menghambat dan menunjang eksistensi sekolah di MI Nurul Iman, dan 3) untuk mendeskripsikan hasil dari strategi kepala sekolah dalam membangun eksistensi sekolah
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: 1) strategi yang dipilih kepala sekolah dalam membangun eksitensi sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman ada empat yaitu: a) memberikan fasilitas yang menarik kepada siswanya maupun orangtuanya seperti mobil antar jemput, seragam gratis, SPP gratis, dan buku-buku gratis, b) meningkatkan kualitas pendidikan baik dari pembelajarannya atau dari kualitas pendidiknya, c) menciptakan stigma kesetaraan bagi semua siswanya, dan d) mengenalkan madrasah melalui jama’ah, wali murid, kerabat maupun media sosial; 2) hal-hal yang menghambat eksistensi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman ada dua yaitu masalah pendanaan yang masih menggunakan biaya mandiri, dan krisis kepercayaan masyarakat di tahun-tahun pertama. Sementara hal-hal yang menunjang eksistensi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman meliputi program antar jemput, kelas khusus tahfidz, kegiatan widegame dan ekstrakurikuler; 3) hasil dari strategi kepala sekolah dalam membangun eksistensi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman yakni terbukti dengan adanya peningkatan jumlah siswa baru yang mendaftar, pengembangan infrastruktur dan perubahan individu siswa yang membuktikan akan kualitas pendidikan dari Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Nov 2021 02:35
Last Modified: 05 Nov 2021 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16318

Actions (login required)

View Item View Item