Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan IPNU-IPPNU dan Kecerdasan Spiritual terhadap Akhlakul Karimah Pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo Tahun 2021

Fajarianto, Dedy Rahman (2021) Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan IPNU-IPPNU dan Kecerdasan Spiritual terhadap Akhlakul Karimah Pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo Tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317152 DEDY RAHMAN FAJARIANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fajarianto, Dedy Rahman. 2021. Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan IPNU-IPPNU dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Akhlakul Karimah Pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo Tahun 2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Intensitas Mengikuti Kegiatan IPNU-IPPNU, Kecerdasan Spiritual, Akhlakul Karimah.
Pendidikan akhlakul karimah itu dapat diberikan melalui berbagai jalan. Tidak hanya di lingkungan keluarga dan sekolah saja, tetapi juga dalam lingkungan masyarakat. Dalam lingkungan masyarakat, pendidikan akhlak dapat dilakukan melalui organisasi remaja yaitu organisasi IPNU-IPPNU. Banyak kegiatan-kegiatan Islami yang dilakukan dalam organisasi IPNU-IPPNU. Apabila intensitas mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU para pelajar tinggi, maka dapat menambah pengalaman berorganisasi dan menambah ilmu agama khususnya pendidikan akhlakul karimah serta dapat meminimalisir hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi akhlak para pelajar. Kecerdasan spiritual merupakan hati nurani manusia yang mampu membuatnya lebih cerdas secara spiritual dalam beragama. Namun, berdasarkan observasi, masih ada beberapa anggota IPNU-IPPNU Ronowijayan yang perilakunya menyimpang dari akhlakul karimah seperti, sering berkata kotor kepada temannya, etika sopan santunnya terhadap orang yang lebih tua masih rendah, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi dalam kegiatan kajian kitab.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh intensitas mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU terhadap akhlakul karimah pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo; (2) mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap akhlakul karimah pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo; (3) mengetahui intensitas mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU dan kecerdasan spiritual terhadap akhlakul karimah pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang menggunakan metodologi penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan mengambil seluruh jumlah populasi yaitu 62 responden. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) berdasarkan hasil nilai thitung sebesar 5.253 dan ttabel sebesar 2.001 maka (thitung > ttabel) variabel intensitas mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU berpengaruh secara signifikan terhadap akhlakul karimah pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo, sebesar 31,5% dengan kategori cukup baik. (2) berdasarkan hasil nilai thitung sebesar 12.474 dan ttabel sebesar 2.001 maka (thitung > ttabel) variabel kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap akhlakul karimah pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo, sebesar 72,2% dengan kategori cukup baik. (3) berdasarkan hasil nilai Fhitung sebesar 95.456 dan Ftabel sebesar 3.15 pada tingkat kesalahan 5% maka (Fhitung > Ftabel) variabel intensitas mengikuti kegiatan IPNU-IPPNU dan kecerdasan spiritual berpengaruh secara simultan terhadap akhlakul karimah pelajar di Ranting Ronowijayan Siman Ponorogo, sebesar 76,4% dengan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:34
Last Modified: 03 Nov 2021 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16308

Actions (login required)

View Item View Item