PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MTs AL-IMAM SAWOO PONOROGO

Adnan, Takrip (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MTs AL-IMAM SAWOO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317206_TAKRIP ADNAN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Adnan, Takrip. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap motivasi belajar siswa kelas VII Mata Pelajaran Akidah Akhlak MTs Al-Imam Sawoo Ponorogo. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar.
Motivasi belajar sangat diperlukan dalam proses belajar. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya peggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan yang menjamin kelangsungan dalam kegiatan belajar sehingga tujuan dari belajar tersebut dapat tercapai. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah lingkungan keluarga. Dengan lingkungan keluarga yang baik, nyaman dan bahagia maka akan mebuat motivasi belajar menjadi lebih baik dan meningkat. Selain lingkungan keluarga faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan pendidikan yang utama setelah keluarga, karena lingkungan sekolah tersebut terdapat siswa-siswi, para guru, penjaga dan lainnya yang hidup bersama dan melaksanakan pendidikan secara teratur dan terencana dengan baik. Lingkungan sekolah yang baik dan kondusif sangat mendukung bagi kenyamanan dan kelangsungan proses pembelajaran di kelas, siswa yang nyaman akan memiliki motivasi yang tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa. (2) untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa. (3) untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subyek penelitian siswa kelas VII di MTs Al-Imam Sawoo dengan jumlah 33 anak. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Statistik Version 21.
Dari analisis data ditemukan: (1) ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa dengan perhitungan uji T diperoleh thitung > ttabel = 30,917 > 2,042 dan Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan presentase pengaruh sebesar 96,9% sedangkan sisanya 3,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (2) ada pengaruh antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa dengan perhitungan uji T diperoleh thitung > ttabel = 25,914 > 2,042 dan Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan presentase pengaruh sebesar 95,6% sedangkan sisanya 4,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (3) ada pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan perhitungan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel = 676,857 > 3,30 dan Sig. 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan presentase pengaruh sebesar 97,8% sedangkan sisanya 2,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Nov 2021 03:35
Last Modified: 03 Nov 2021 03:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16302

Actions (login required)

View Item View Item