Terapi Zikir Untuk Memberikan Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo

Badriyah, Maifir (2021) Terapi Zikir Untuk Memberikan Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-MAIFIR-BADRIYAH-Upload-e-thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Badriyah, Maifir 2021, Terapi Zikir Untuk Memberikan Ketenangan Jiwa pada Lansia di Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhamad Nurdin, M. Ag.

Kata kunci : Terapi Zikir, Ketenangan Jiwa, Lansia

Penulis menemukan anggota lansia yang mengalami permasalahan pada kondisi ketenangan jiwa di lingkungan Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo. Lansia mengalami depresi terhadap tekanan kehidupan sehari-hari, mengalami kesepian akibat di tinggal keluarga atau orang di sayang, gangguan mental emosional belum stabil, serta gangguan kecemasan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi kejiwaan lansia, bagaimana proses terapi zikir untuk memberikan ketenangan jiwa pada lansia, bagaimana hasil terapi zikir untuk memberikan ketenangan jiwa pada lansia di Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi kejiwaan lansia, mendeskripsikan proses terapi zikir untuk memberikan ketenangan jiwa pada lansia, mendeskripsikan hasil terapi zikir untuk memberikan ketenangan jiwa pada lansia.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif Kualitatif. Pendekatan kualitatif ini dengan mengumpulkan sumber data dari proses wawancara yang di peroleh pada objek penelitian, serta melakukan obsevasi dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data informan. Mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian. Objek yang terlibat dalam penelitian ada 7 orang pengurus panti, laki-laki berjumlah 5 orang dan perempuan 2 orang sedangkan subjeknya berjumlah 6 orang laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kejiwaan lansia di Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo mengalami depresi, mengalami kesepian, gangguan mental emosional belum stabil, serta gangguan kecemasan. Permasalahan tersebut dialami lansia sebelum dilakukan kegiatan terapi zikir. Proses terapi zikir pada lansia di panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis Ponorogo diberikan setelah selesai melaksanakan ibadah shalat, namun setiap saat kegiatan dzikir dapat dilakukan setiap aktivitas lansia. Hasil dari proses terapi zikir untuk memberikan ketenangan jiwa pada lansia yaitu lansia menjadi sabar, merasa optimis, dan merasa dekat dengan Allah sehingga dapat menimbulkan rasa yakin dan nyaman dalam kehidupan bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:43
Last Modified: 03 Nov 2021 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16301

Actions (login required)

View Item View Item