Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri

Ulinnuha, Yousa Ikhlashul Azro (2021) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOUSA UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ulinnuha, Yousa Ikhlashul Azro. 2021. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, FATIK, IAIN Ponorogo. Program Sarjana S-1. PembimbingAyunda Riska Puspita, MA.
Kata kunci :Pendekatan Pebelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Aktivitas Belajar, Prestsi Belajar.
Pendidikan Aqidah Akhlak pada jenjang sekolah menengah adalah hal yang penting. Pembelajaran Aqidah Akhlak dapat memberikan pengalaman dan bekal siswa untuk kehidupan yang nyata di keluarga dan masyarakat. Pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru adalah metode konvensional (ceramah) yang membuat siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran seharusnya guru menekankan aktivitas belajar siswa. Masih banyak siswa yang kurang memahami materi yang diberikan oleh guru jika menggunakan metode ceramah, sehingga prestasi belajar Aqidah Akhlak kurang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, masih diperlukan pendekatan yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa sehingga proses pembelajaran khususnya Aqidah Akhlak dapat berjalan dengan lebih efektif.
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. 2) untuk mengetahui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri. 3) untuk mengetahuipendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperiment research dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji MANCOVA (MultivariateAnalisis of Covariance). Penelitian diakukan di MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 68 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Adapaun hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa 1) Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansi < 0.05. 2) Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansi > 0.05.3) Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 1 Tirtomoyo Wonogiri tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansi < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:40
Last Modified: 03 Nov 2021 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16298

Actions (login required)

View Item View Item