PERAN KOMUNITAS GRIYA PENSIA (GERAKAN MASYARAKAT PEDULI LANJUT USIA) SENIOR CLUB MADIUN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA

Azizah, Nurul (2021) PERAN KOMUNITAS GRIYA PENSIA (GERAKAN MASYARAKAT PEDULI LANJUT USIA) SENIOR CLUB MADIUN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HIDUP LANSIA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ethesis NURUL AZIZAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunitas Griya Pensia Senior Club Madiun merupakan salah satu komunitas yang mempunyai tujuan meningkatkan kualitas hidup lansia. Berbeda dengan komunitas sejenis pada umumnya, Komunitas Griya Pensia mempunyai banyak kegiatan dalam pemberdayaan lansia dan mampu menjalankan kegiatannya meskipun dengan pendanaan secara mandiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Komunitas Griya Pensia dalam meningkatkan kualitas fisik lansia, bagaimana peran Komunitas Griya Pensia dalam meningkatkan kualitas psikososial lansia dan Apa saja hambatan yang dialami oleh Komunitas Griya Pensia. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peran Komunitas Griya Pensia dalam meningkatkan kualitas fisik lansia, mendeskripsikan peran Komunitas Griya Pensia dalam meningkatkan kualitas psikososial lansia dan mendiskripsikan hambatan yang dialami oleh Komunitas Griya Pensia.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive sampling dengan responden 4 pengurus dan 4 anggota. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Komunitas Griya Pensia dalam meningkatkan kualitas fisik lansia ialah dengan mengadakan kegiatan olahraga, menerapkan pola makan yang baik dan melakukan cek kesehatan secara berkala. Peran Komunitas Griya Pensia dalam meningkatkan kualitas psikososial ialah dengan mendatangkan psikolog, menerapkan komunikasi yang baik, menyelenggarakan pelatihan untuk pemberdayaan lansia, dan mengadakan kegiatan sosial. Sedangkan hambatan yang dialami Komunitas Griya Pensia ialah minimnya pendanaan dan fasilitas, kurangnya minat lansia, kurangnya perhatian keluarga dan pemerintahan kepada lansia dan adanya pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:35
Last Modified: 03 Nov 2021 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16296

Actions (login required)

View Item View Item