Penggunaan Media Pembelajaran Video dalam meningkatkan pemahaman siswa di Era Pandemi Covid-19

Qotimah, Khusnul (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Video dalam meningkatkan pemahaman siswa di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Khusnul Qotimah 210617060 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa ketika pembelajaran daring dan juga nilai siswa yang belum mencapai KKM. Hal ini terjadi karena ketika pembelajaran daring guru hanya memberikan intruksi bacaan dan memberikan tugas dalam proses pembelajaran serta kurangnya inovasi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru menggunakan media pembelajaran video untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi media pembelajaran video dalam meningkatkan pemahaman siswa di era pandemi covid-19 pada Kelas II MI Sabilil Islam Ketandan Dagangan Madiun, (2) mendeskripsikan implikasi dari penggunaan media pembelajaran video dalam meningkatkan pemahaman siswa di era pandemi covid-19 Kelas II MI Sabilil Islam Ketandan Dagangan Madiun, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan media pembelajaran video dalam meningkatkan pemahaman siswa di era pandemi covid-19 pada Kelas II MI Sabilil Islam Ketandan Dagangan Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan guru dan beberapa siswa Kelas II di MI Sabilil Islam Ketandan Dagangan Madiun.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Implementasi penggunaan media pembelajaran video dilakukan melalui beberapa langkah yaitu: (a) merumuskan tujuan pembelajaran yang dituangkan guru di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dijabarkan dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang akan menjadi indikator hasil belajar siswa, (b) persiapan guru yakni membuat video sesuai dengan materi, (c) penyajian pembelajaran dan pemanfaatan media yaitu pengiriman video pada siswa melalui grub whatsapp, (d) kegiatan belajar siswa yakni mengamati dan memahami isi dari media pembelajaran video yang dibuat oleh guru, serta (e) evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi setelah menggunakan media pembelajaran video, (2) Implikasi penggunaan media pembelajaran video menunjukkan hasil yang baik, siswa lebih tertarik dan berminat mengikuti pembelajaran, materi mudah dicerna dan dipahami siswa, rata-rata nilai hasil belajar siswa telah melebihi KKM yang ditentukan, serta guru menjadi lebih kreatif karena guru membuat variasi dalam menyampaikan materi, dan (3) Faktor pendukung bagi guru dalam menggunakan video pembelajaran materi grammar ialah sinyal yang kuat, memori HP yang cukup, dan orang tua yang berkontribusi mendampingi siswa belajar di rumah. Kemudian untuk faktor penghambatnya ialah sinyal lemah, memori HP penuh, dan kurang menguasai aplikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:21
Last Modified: 02 Nov 2021 04:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16294

Actions (login required)

View Item View Item