STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH MTS MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN PONOROGO

Fitriani, Amalia (2021) STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH MTS MUHAMMADIYAH 2 JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317289_AMALIA FITRIANI_SKRIPSI DUMMY_.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fitriani, Amalia. 2021. Strategi Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ali, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Fiqih.
Penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi di dalam kegiatan belajar mengajar sangat penting bagi seorang pendidik, dengan demikian peserta didik tidak akan merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar. Fenomena yang masih terjadi sampai saat ini adalah hasil belajar peserta didik yang tidak maksimal. Hasil belajar peserta didik dapat dicapai apabila pemilihan strategi pembelajaran dilakukan dengan tepat. Salah satunya dengan menggunakan strategi Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih.
Penelitian ini bertujuan untuk : meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih menggunakan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada peserta didik kelas VIII C MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C MTs Muhammadiyah 2 Jenangan yang berjumlah 23 peserta didik, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi terstruktur dan dokumentasi, serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan data dan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terperinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 unsur yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran fiqih menggunakan strategi Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan sangat baik dan maksimal. Hal ini dibuktikan oleh peningkatan presentase nilai siswa disetiap siklusnya. Pada siklus I presentase yang diperoleh sebesar 69.5%, pada siklus II presentase meningkat menjadi 87%, pada siklus III presentase meningkat sampai 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:36
Last Modified: 02 Nov 2021 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16292

Actions (login required)

View Item View Item