Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 5 di SLB-C Pertiwi

Anggraeni, Ika Dewi (2021) Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 5 di SLB-C Pertiwi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617161_Ika Dewi Anggraeni.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Anggraeni, Ika Dewi. Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 5 di SLB-C Pertiwi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd.
Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus, Media Gambar
Anak berkebutuhan khusus adalah anak mengalami keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangan dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya. Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang secara pendidikan memerlukan layanan yang spesifik yang berbeda pada anak umumnya. Dengan menggunakan media gambar pembelajaran matematika yaitu bangun datar khususnya pada anak berkebutuhan khusus dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini disebabkan dengan adanya penggunaan media gambar yang membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat untuk belajar. Keaktifan dalam kegiatan belajar mengajar terjadi pada kedua belah pihak yaitu guru dan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media gambar bagi siswa tunagrahita kelas 5 di SLB-C Pertiwi (2) mengetahui cara guru meningkatkan pemahaman konsep bangun datar bagi siswa tunagrahita kelas 5 di SLB-C Pertiwi (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung menggunakan media gambar konsep bangun datar bagi siswa tunagrahita kelas 5 di SLB-C Pertiwi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model interaktif yang diadopsi dari Miles dan Hubberman ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Penggunaan media dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasilnya pembelajaran di dalam kelas, Sebagai alat bantu media gambar berfungsi memperlancar proses pembelajaran dan serta tercapainya tujuan pembelajaran di dalam kelas antara guru dengan siswa. (2) dengan menunjukkan gambar bangun datar dan memberikan contoh secara nyata guru mengajak siswa untuk menggambar bangun datar dan diwarnai sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing (3) faktor pendukung dari penggunaan media gambar bagi siswa tunagrahita adalah dari guru, siswa, orang tua sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar didalam kelas, serta faktor penghambat yang dialami yaitu dari kecerdasan siswa tunagrahita sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Nov 2021 01:36
Last Modified: 02 Nov 2021 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16290

Actions (login required)

View Item View Item