Keberhasilan Ibu Single Parent Dalam Mengatasi Kenakalan Anak Akibat Putus Sekolah (Studi Kasus Di Desa Madigondo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan)

Shofiani, Imas (2021) Keberhasilan Ibu Single Parent Dalam Mengatasi Kenakalan Anak Akibat Putus Sekolah (Studi Kasus Di Desa Madigondo Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Imas Shofiani 211517028.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Shofiani, Imas. 2021. Keberhasilan Ibu Single Parent dalam Mengatasi Kenakalan Anak Akibat Putus Sekolah (Studi Kasus di Di Desa Madigondo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan). Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M. Ag.

Kata Kunci: Keberhasilan, Ibu single parent, kenakalan anak, putus sekolah

Single parent merupakan orang tua tunggal yang mengasuh dan membesarkan anak tanpa bantuan pasangan. Single parent memiliki kewajiban sangat besar dalam mengatur keluarganya. Fenomena ibu single parent yang terdapat di Desa Madigondo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan mengharuskan seorang ibu memiliki peran ganda yaitu selain mengurus dan membesarkan seorang anak juga sebagai pencari nafkah dan pemberi aman. Keadaan anak yang mengetahui ketidakhadiran seorang ayah, membuat anak mengalami penurunan interaksi sosial menjadi putus sekolah serta nakal. Dengan segala upaya yang dilakukan ibu single parent berhasil menjadikan sang anak yang melakukan kenakalan akibat putus sekolah menjadi lebih baik.
Penelitian ini menjelaskan, (1) Bentuk-bentuk kenakalan anak akibat putus sekolah yang diasuh oleh Ibu single parent, (2) Upaya Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah, dan (3) Bentuk keberhasilan Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah di Desa Madigondo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang menghasilkan catatan lapangan mengenai keberhasilan Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah. Mengambil 3 sampel keluarga tunggal yang sesuai dengan kriteria. Pemilihan sampel dilakukan dengan mempertimbangkan kualifikasi yang diinginkan penulis, yakni 3 keluarga yang menjadi sampel tersebut terdiri dari ibu single parent yang memiliki anak remaja putus sekolah. Data dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman yang memungkinkan penarikan simpulan dan dicek keabsahannya menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan, (1) Bentuk-bentuk kenakalan anak, membantah perkataan orang tua, keluyuran tanpa batasan waktu, kabur meninggalakan rumah, berbohong, mengasingkan diri dari dunia luar, (2) Upaya Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak dikelompokkan menjadi pencegahan, pengentasan, pembetulan, dan penjagaan yang diterapkan di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah, (3) Bentuk keberhasilan Ibu single parent dalam mengatasi kenakalan anak akibat putus sekolah dapat dilihat dari perubahan perilaku anak menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:07
Last Modified: 01 Nov 2021 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item