Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Al-Quran Hadits Kelas X Dan XI di MA Ma'arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Jannah, Siti Roudhotul (2021) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Al-Quran Hadits Kelas X Dan XI di MA Ma'arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317208_SITI ROUDHOTUL JANNAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Roudhotul Jannah, Siti. 2021.Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Al-Quran Hadits Kelas X Dan Xi Di Ma Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd. I.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Kepribadian, Hasil Belajar
Motivasi belajar adalah pendorong atau penggerak yang menyebabkan seseorng untuk belajar atau mempelajari materi pelajaran. Semakin tinggi motivasi belajar seseorang, maka semakin tinggi pula hasil belajarnya. Dalam proses pembelajaran motivasi belajar merupakan aspek yang sangat penting. Dalam belajar membutuhkan motivasi, karena hasil belajar yang optimal jika ada motivasi. Semakin tepat motivasi yang diberikan, akan semakin berhasil juga pelajaran itu. Perbedaan tingkah laku belajar peserta didik adalah aktivitas belajar bagi setiap peserta didik tidak selamanya berlangsung wajar, karena setiap siswa memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Siswa dapat dikatakan berhasil dalam mencapai perkembangannya secara optimal apabila ia dapat memperoleh pendidikan dan hasil belajar yang sesuai dengan bakat, kemampuan, dan minat yang dimiliki. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor intern dan faktor ekstern.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas X dan XI di MA Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, (2) Untuk mengetahui pengaruh kepribadian terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas X dan XI di MA Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2020/2021, (3) Untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan kepribadian terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas X dan XI di MA Ma’arif Balong Ponorogo tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MA Ma’arif Balong Ponorogo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi dengan perhitungan SPSS. Teknik analisis data menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Adapun populasi penelitian sebanyak 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Adapun hasilnya adalah (1) Motivasi belajar berpengaruh secara signifiksn terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas X dan XI MA Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis diperoleh thitung sebesar 6,613 > ttabel 1,994. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan pengaru motivasi belajar sebesar 39,1%terhadap hasil Al-Quran Hadits dan 60,9%, (2) Kepribadian berpengaruh secara signifiksn terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas X dan XI MA Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. . Berdasarkan analisis hasil perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 6,613 > ttabel 1,994. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan kepribadian sebesar 37,9% terhadap hasil Al-Quran Hadits dan 64,1%, (3) Motivasi belajar dan kepribadian berpengaruh secara signifiksn terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits kelas X dan XI MA Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis hasil perhitungan yang diperoleh Fhitung sebesar 41,337 > Ftabel 3,13. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan pengaru motivasi belajar sebesar 55,2% terhadap hasil Al-Quran Hadits dan 44,8% .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:06
Last Modified: 01 Nov 2021 05:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16284

Actions (login required)

View Item View Item