...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Era Pandemi Covid-19

Khusnul Qotimah, Khusnul Qotimah (2021) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penggunaan Media Pembelajaran Video untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di Era Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHUSNUL QOTIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat
pemahaman siswa ketika pembelajaran daring dan juga nilai siswa yang
belum mencapai KKM. Hal ini terjadi karena ketika pembelajaran
daring guru hanya memberikan intruksi bacaan dan memberikan tugas
dalam proses pembelajaran serta kurangnya inovasi guru dalam
memanfaatkan media pembelajaran, sehingga siswa kurang termotivasi
dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru menggunakan media
pembelajaran video untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi
media pembelajaran video dalam meningkatkan pemahaman siswa di
era pandemi covid-19 pada Kelas II MI Sabilil Islam Ketandan
Dagangan Madiun, (2) mendeskripsikan implikasi dari penggunaan
media pembelajaran video dalam meningkatkan pemahaman siswa di
era pandemi covid-19 Kelas II MI Sabilil Islam Ketandan Dagangan
Madiun, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor
penghambat penggunaan media pembelajaran video dalam
meningkatkan pemahaman siswa di era pandemi covid-19 pada Kelas II
MI Sabilil Islam Ketandan Dagangan Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Kemudian analisis data dilakukan dengan melakukan kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan
guru dan beberapa siswa Kelas II di MI Sabilil Islam Ketandan
Dagangan Madiun.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Implementasi
penggunaan media pembelajaran video dilakukan melalui beberapa
langkah yaitu: (a) merumuskan tujuan pembelajaran yang dituangkan
guru di dalam RPP (Rencana Pelasanaan Pembelajaran) yang
dijabarkan dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
yang akan menjadi indikator hasil belajar siswa, (b) persiapan guru
yakni membuat video sesuai dengan materi, (c) penyajian pembelajaran
dan pemanfaatan media yaitu pengiriman video pada siswa melalui grub
whatsapp, (d) kegiatan belajar siswa yakni mengamati dan memahami
isi dari media pembelajaran video yang dibuat oleh guru, serta (e)
evaluasi pembelajaran untuk mengetahui sejauh mana pemahaman
siswa terhadap materi setelah menggunakan media pembelajaran video,
(2) Implikasi penggunaan media pembelajaran video menunjukkan hasil
yang baik, siswa lebih tertarik dan berminat mengikuti pembelajaran,
materi mudah dicerna dan dipahami siswa, rata-rata nilai hasil belajar
siswa telah melebihi KKM yang ditentukan, serta guru menjadi lebih
kreatif karena guru membuat variasi dalam menyampaikan materi, dan
(3) Faktor pendukung bagi guru dalam menggunakan video
pembelajaran materi grammar ialah sinyal yang kuat, memori HP yang
cukup, dan orang tua yang berkontribusi mendampingi siswa belajar di
rumah. Kemudian untuk faktor penghambatnya ialah sinyal lemah,
memori HP penuh, dan kurang menguasai aplikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:05
Last Modified: 01 Nov 2021 05:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16282

Actions (login required)

View Item View Item