Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Jembatan Pensil serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar

Wardani, Ayudya Kusuma (2021) Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Jembatan Pensil serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617077 AYUDYA KUSUMA WARDANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wardani, Ayudya Kusuma. Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Film Jembatan Pensil serta Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci : Relevansi, Film Jembatan Pensil, Karakter.

Di era perkembangan zaman yang begitu kompleks dan penggunaan fasilitas yang serba lengkap ini mengakibatkan menurunnya karakter, semangat, akhlak, moral pada diri seseorang terutama pada anak usia SD (Sekolah Dasar). Di masa usia anak Sekolah Dasar dengan mudahnya dapat dipengaruhi ataupun mempengaruhi. Oleh karena itu, pendidikan merupakan hal terpenting dalam masa sekarang ini yang harus ditanamkan pada anak usia Sekolah Dasar khususnya penanaman nilai-nilai budi pekerti. Salah satu upaya penanaman tersebut tidak hanya melalui materi, hafalan dan buku yang tebal tetapi dapat melalui media yang bervariasi dan menyenangkan salah satunya melalui film Jembatan Pensil. Selain itu, film menjadi salah satu media pembelajaran audio-visual yang bertujuan untuk siswa usia Sekolah Dasar tidak hanya mengandalkan imajinasi tetapi dapat melihat secara nyata. Nilai-nilai budi pekerti sangat penting untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari mengingat saat ini generasi muda banyak krisis karakter dan kurangnya motivasi dalam dirinya sendiri.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui nilai-nilai budi pekerti dalam film Jembatan Pensil, dan (2) untuk mengetahui relevansi nilai-nilai budi pekerti dalam film Jembatan Pensil dengan pendidikan karakter anak usia Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan library research pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi mengumpulkan literer. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film jembatan pensil terdapat nilai budi pekerti yang berelevansi dengan pendidikan karakter. Nilai budi pekerti yang terkandung yaitu Kekhusukan hubungan dengan Allah, hormat menghormati,tata krama dan sopan santun, etos kerja (kemauan untuk berubah, hasrat mengejar kemauan, cinta ilmu, teknologi dan seni), pengendalian diri, harga diri, kebersamaan, kesetiakawanan, cinta dan kasih sayang, gotong royong. Nilai budi pekerti dalam film jembatan pensil yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan karakter diantaranya kekhusukan hubungan dengan Allah berkaitan dengan nilai karakter religius, hormat menghormati berkaitan dengan nilai karakter toleransi, tata krama dan sopan santun berkaitan dengan nilai karakter toleransi, etos kerja (kemauan untuk berubah, hasrat mengejar kemauan, cinta teknologi dan seni) berkaitan dengan nilai karakter kerja keras, pengendalian diri berkaitan dengan nilai karakter mandiri, harga diri berkaitan dengan nilai karakter menghargai prestasi, kebersamaan berkaitan dengan nilai karakter bersahabat/komunikatif, kesetiakawanan berkaitan dengan nilai karakter bersahabat/komunikatif, cinta dan kasih sayang berkaitan dengan nilai karakter cinta damai, gotong royong berkaitan dengan nilai karakter peduli sosial. Urgensi film jembatan pensil bisa digunakan sebagai media pembelajaran audio-visual. Film tidak hanya digunakan untuk menghibur penonton tetapi juga dapat mengedukasi secara efektif dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:59
Last Modified: 01 Nov 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16280

Actions (login required)

View Item View Item