....(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN DISERTAI STEMPEL, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...INTERNALISASI NILAI RELIGIUS MELALUI HAFALAN ASMAUL HUSNA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONOROGO

Ni'am, Hanik Wafirotu (2021) ....(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN DISERTAI STEMPEL, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)...INTERNALISASI NILAI RELIGIUS MELALUI HAFALAN ASMAUL HUSNA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616160_HANIK WAFIROTU NI'AM_SKRIPSI.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ni’am, Hanik Wafirotu. 2021. Internalisasi Nilai Religius Melalui Hafalan Asmaul Husna di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ponorogo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuli Salis Hijriyani. M.Pd.

Kata kunci: Religius, Hafalan dan Asmaul Husna
Nilai religius sangatlah penting ditanamkan kepada siswa sejak usia sekolah. Nilai religius adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap dan kepribadian siswa dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Namun pada zaman sekarang kurangnya pendidikan agama yang diterapkan pada anak-anak disekolah dasar yang dimana pada sekolah dasar merupakan massa pembentukan sikap dan kepribadian siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan sifat nanti ketika dewasa. Kurangnya nilai religius berakibat kepada jatuhnya moral anak bangsa. Maka dari itu lembaga pendidikan berupaya untuk melaksanakan hal tersebut salah satunya kegiatan hafalan asmaul husna di MIN 1 Ponorogo.
Dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengelolaan hafalan dan internalisasai nilai karakter religius sekaligus keberhasilan dari penanaman nilai relegius melalui hafalan asmaul husna di MIN 1 Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi, metode analisis yang dilakukan peneliti melalui proses reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Melalui teknik analisis data tersebut maka dapat diketahui bahwa: a) Pada kegiatan pembiasaan hafalan asmaul husna perlu adanya pengelolaan dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hafalan asmaul husna itu sendiri. Dalam sebuah perencanaan perlu menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menghafal asmaul husna dilakukan dengan dibaca berulang-ulang sampai sesuai target. Pelaksaan hafalan asmaul husna di MIN 1 Ponorogo sangat baik hal ini ditunjukkan dari siswa yang begitu semangat dan antusias ketika proses hafalan berlangsung. Sedangkan evaluasi dari hafalan asmaul husna dilakuakan saat setiap akhir semester. b) Karakter tidak terbentuk secara instan, tapi memerlukan pembiasaan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, sekolah menerapan menghafal asmaul husna sebagai salah satu upaya internalisasi nilai religius. Karakter anak terbentuk karena faktor tiruan terhadap lingkungan sekitar. Lingkungan sekolah sebagai penentu perkembangan karakter siswa. c) memiliki keberhasilan bagi sikap religius peserta didik seperti sikap siswa kepada guru, kepada orangtua dan pada sesama teman, serta dapat meningkatkan semangat ibadah seperti mengaji, sholat dhuha, sholat duhur berjamaah. Selain hal itu kita lebih tau nama- nama Allah yang lengkap, sifat-sifat Allah dan lebih tau makna didalamnya. Orang semakin tau dengan agama maka tentu orang tersebut juga akan mengaplikasikan dalam perbuatan, seperti halnya orang yang hafal asamul husna tentu akan lebih berhati- hati dalam berbuat sesuatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: YULI SALIS HIJRIYANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Nov 2021 05:10
Last Modified: 01 Nov 2021 05:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16279

Actions (login required)

View Item View Item