Analisis Pengupahan Islam Terhadap Praktik Pengupahan Karyawan UD Grafika Ponorogo

Fatonah, Siti (2021) Analisis Pengupahan Islam Terhadap Praktik Pengupahan Karyawan UD Grafika Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717200_SITI FATONAH_EKONOMI SYARIAH_UPLOADd.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fatonah, Siti. Analisis Pengupahan Islam Terhadap Praktik Pengupahan Karyawan UD Grafika Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah, S. Ag., M.Si.
Kata Kunci: Pengupahan Islam, Peningkatan Kinerja.
Dalam prakteknya di lapangan di zaman modern seperti sekarang ini, banyak sekali praktek sistem pengupahan atau penggajian yang kurang tepat ataupun kurang sesuai dengan aturan sehingga munculah beberapa permasalahan yang terkadang menimbulkan rasa ketidakadilan bagi pekerja atau karyawan dan hal tersebut bertolak belakang dengan apa yang sudah dijelaskan di dalam Islam bahwa ketika memakai tenaga seseorang terlebih dahulu harus ditentukan mengenai bentuk kerjanya, waktu, upah serta tenaganya. Oleh karena itu peneliti ingin melihat bagaimana pengupahan yang dijalankan oleh UD Grafika dengan mengambil dua rumusan masalah dalam penelitian: 1. Bagaimana mekanisme pemberian upah karyawan UD Grafika Ponorogo Perspektif Islam? 2. Bagaimana dampak pemberian upah terhadap peningkatan kinerja karyawan UD Grafika Ponorogo?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mekanisme pengupahan karyawan UD Grafika Ponorogo Perspektif Islam dan menganalisis dampak penetapan upah terhadap peningkatan kinerja karyawan UD Grafika Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan metode deduktif yang diawali dengan pernyataan umum dan dikhiri dengan pernyataan khusus.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa mekanisme penetapan upah karyawan UD Grafika yaitu sudah menerapkan prinsip pengupahan yang islami atau sesuai dengan teori yaitu adil dan layak. Tetapi ada satu yang belum diterapkan yaitu ketepatan waktu dalam pembayaran upah karyawan. Sedangkan dampak penetapan upah terhadap peningkatan kinerja yaitu memiliki dampak yang baik, dimana dengan penetapan tersebut karyawan akan berusaha meningkatkan hasil kinerja mereka agar mendapatkan upah yang lebih banyak. Tetapi itu untuk karyawan jahit, untuk karyawan selain jahit hal tersebut tidak berdampak kerena penghitungan upah dihitung harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Oct 2021 05:10
Last Modified: 28 Oct 2021 05:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16266

Actions (login required)

View Item View Item