Implementasi Strategi Poster Comment dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel SKI Kelas V MIN 6 Ponorogo Tahun 2020/2021

Rahmayanti, Maida Lista (2021) Implementasi Strategi Poster Comment dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel SKI Kelas V MIN 6 Ponorogo Tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617146_Maida_Lista_Rahmayanti_Skripsi[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lista, Maida Rahmayanti. 2021. Implementasi Strategi Poster Comment Dalam MeningkatkanProses dan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel SKI Kelas V MIN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hj. Evi Muafiah, M. Ag.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Mapel SKI, Metode Poster Comment
Hasil Belajar merupakan serangkaian hasil yang diperoleh dari beberapa proses dalam pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Hasil Belajar yang dimaksud salah satunya pada mapel SKI materi sifat-sifat Abu Bakar As-Siddiq yang terdiri dari 5 sifat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan pemahaman pada mapel SKI. Dengan demikian maka diterapkan metode poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel SKI.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Meningkatkan proses belajar siswa mapel SKI pada materi sifat-sifat Abu Bakar As-Siddiq, (2) Meningkatkan nilai hasil belajar strategi poster comment pada mapel SKI materi sifat-sifat Abu Bakar As-Siddiq
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MIN 6 Ponorogo dengan menggunakan metodepenelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Siklus ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil Penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Siklus pra tindakan dengan rerata 53 dengan rincian tuntas 13,7% dan tidak tuntas 86,2%. Siklus I dengan rerata 64,6 dengan rincian tuntas 44,8% dan tidak tuntas 55,1%. Siklus II dengan rerata 75,4 dengan rincian tuntas 82,7% dan tidak tuntas 17,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Oct 2021 02:26
Last Modified: 28 Oct 2021 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item View Item