..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Informasi Grup Facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo (ICWP) sebagai Media Informasi Masyarakat di Kabupaten Ponorogo

Pangestu, Sutrisno (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengelolaan Informasi Grup Facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo (ICWP) sebagai Media Informasi Masyarakat di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Sutrisno Pamor Aji Pangestu.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pangestu, Sutrisno Pamor A. 2021. Pengelolaan Informasi Grup Facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo sebagai Media Informasi Masyarakat di Wilayah Kabupaten Ponorogo. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri.
Kata Kunci: Informasi, Pengelolaan Informasi, Info Cegatan Wilayah Ponorogo
Manusia selalu membutuhkan informasi untuk mememnuhi kebutuhan pengetahuannya. Hadirnya media sosial menjadi sebuah alat untuk menyebarkan informasi yang lebih efektif dan efisien. Selaras dengan pesatnya perkembangan teknologi, aksesibilitas manusia untuk mencari informasi sangatlah terbuka luas. Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah media sosial facebook yang dilengkapi dengan fitur grup didalamnya. Grup facebook digunakan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi, contohnya grup facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo yang memiliki keanggotaan 525.000 anggota. Adanya grup Info Cegatan Wilayah Ponorogo tentunya memberikan aksesibilitas kepada masyarakat ponorogo khususnya dalam kemudahan mencari informasi yang dibutuhkan.
Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi: (1) pengelolaan input informasi grup Info Cegatan Wilayah Ponorogo. (2) proses pengelolaan informasi grup facebook Info Cegatan Wilayah Ponorogo. (3) output pengelolaan informasi grup Info Cegatan Wilayah Ponorogo.
Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang diterapkan dengan pengumpulan data dan dianalisis menggunakan teori sistem pengelolaan informasi.
Dari hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan, yaitu: (1) pengelolaan input informasi grup Info Cegatan Wilayah Ponorogo akan masuk ke filterisasi, yaitu suatu fitur yang disediakan oleh facebook sebagai tempat menampung data yang berfungsi memudahkan admin dalam mencari dan mengelola kiriman. (2). Proses pengelolaan informasi atau data kiriman anggota diproses sepenuhnya oleh admin grup Info Cegatan Wilayah Ponorogo dan admin tidak bisa mengedit atau merubah keaslian postingan. Proses pengelolaan informasi dilakukan di fitur filterisasi. Admin akan meloloskan postingan yang mengandung informasi lengkap dan dengan bahasa yang mudah dipahami, tidak melanggar peraturan yang telah disepakati, tidak mengandung unsur porno, SARA, jual beli, dan kampanye politik. (3). Hasil output yang lain dari pengelolaan informasi adalah adanya respon atau feedback berupa komentar, like, dan share artinya informasi tersebut dibagikan oleh anggota yang lain

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:49
Last Modified: 27 Oct 2021 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16250

Actions (login required)

View Item View Item