efektivitas penyelesaian perkara secara e-court di pengadilan agama kabupaten kediri

Salima, Safira Khofifatus (2021) efektivitas penyelesaian perkara secara e-court di pengadilan agama kabupaten kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAFIRA K SALIMA.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Salima, Safira Khofifatus, 2021. Efektivitas Penyelesaian Perkara Secara e-court di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Endrik Safudin, M.H.
Kata kunci /keyword: Efektivitas, e-court,Peraturan Mahkamah Agung
Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 atau yang kemudian disingkat dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2019 merupakan revisi terhadap Peraturan Mahkamah Agung sebelumnya, yaitu : Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik, Salah satu lahirnya e-court dilatarbelakangi oleh kebutuhan pelayanan yang lebih mudah, murah, dan efisien. Kebutuhan pelayanan tersebut sulit untuk dicapai tanpa didukung oleh teknologi informasi. Khususnya di masa pandemi seperti sekarang ini, kehadiran PERMA ini diharapkan menjadi salah satu jawaban atas sebagian problematika yang dihadapi masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tinjauan Efektivitas hukum terhadap pengajuan perkara secara e-court di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri dan Apa saja Faktor-Faktor yang mempengaruhi efektivitas dan pelaksanaan e-court di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kombinasi dimana peneliti bisa menggunakan data baik berupa wawancara (triangulasi), analisis data bersifat deduktif maupun induktif. Hasil penelitian kombinasi dapat berguna untuk membuat generalisasi dan memahami makna.
Peneliti turun langsung kelapangan untuk mencari data tentang realisasi pelaksanaan e-court yang terjadi di Pengadilan Agama Kabupaten Kediri. Data data yang dikumpulkan berasal dari wawancara kepada pihak-pihak yang terlibat dengan jalannya e-court itu sendiri, seperti bagian PTSP, Bagian Kasir, Bagian Pemanggilan, Bagian Pemantauan e-Litigasi, Hingga dari Majelis Hakim yang menangani perkara e-court itu sendiri.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-court yang terjadi di Pengadilan Agama Kediri sudah memenuhi keefektivitasan pengadilan dalam berperkara yang lebih efektif dan efisien. Indikator keefektivitasan e-court dalam hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya peradilan yang lebih sederhana, cepat, dan biaya ringan jika dibandingkan dengan proses beracara secara biasa. Dalam hal berperkara secara e-court ini, baik pihak pencari keadilan maupun pengadilan yang terkait memperoleh manfaat yang lebih baik daripada berperkara secara biasa, yang dapat dilihat dari lebih sederhana prosesnya, lebih cepat waktu yang ditempuh sehingga dari kedua hal itu biaya yang dihabiskan juga lebih ringan untuk pencari keadilan dan juga lebih memudahkan Majelis Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Endrik Safudin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:37
Last Modified: 26 Oct 2021 07:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16249

Actions (login required)

View Item View Item