Strategi Dakwah Digital Habib Husein Ja'far Al-Hadar dalam Konten YouTube Jeda Nulis

Nurrohman, Aziz Setya (2021) Strategi Dakwah Digital Habib Husein Ja'far Al-Hadar dalam Konten YouTube Jeda Nulis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aziz KPI rev.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi membuat media dakwah berkembang menuju ke media digital. da’i dapat berdakwah melalui rekaman video kemudian disebarluaskan melalui YouTube. Dakwah di YouTube menggunakan video menarik, konsisten, memperhatikan kualitas, kreativitas, agar dakwah tidak monoton dan membosankan. Seperti dakwah digital Habib Husein Ja’far Al-Hadar berjudul Kultum Pemuda Tersesat yang menawarkan dakwah menarik bagi pengguna media sosial. Dakwah Habib Ja’far tentang realita yang dialami anak muda dalam menghadapi masalah terkait agama. Dibawakan dengan selingan humor dan tanya jawab langsung kepada Habib Ja’far sehingga berhasil menarik penonton atau viewers hingga tiga juta ali. Penelitian ini bertujuan untuk menejelaskan: (1) pelaksanaan dakwah digital Habib Husein Ja’far Al-Hadar pada konten Kultum Pemuda Tersesat di akun YouTube Jeda Nulis. (2) faktor yang mempengaruhi tingginya penonton pada konten Kultum Pemuda Tersesat di akun YouTube Jeda Nulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan okumentasi. Analisis dalam penelitian ini dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan dakwah Habib Ja’far berfokus kepada generasi muda dengan berkolaborasi bersama Tretan Muslim dan Coki Pardede. Habib Ja’far membuat dakwah seperti forum diskusi dan diunggah di YouTube. Diskusi dipimpin Tretan muslim dengan membacakan pertanyaan netizen dan ijawab langsung oleh Habib Ja’far. Kemudian video tersebut mendapat respon positif dari viewers. (2) Faktor yang mempengaruhi banyaknya penonton YouTube adalah pertama, Habib Ja’far memahami bahwa hubungan antara masyarakat dengan YouTube sangat mempengaruhi kehidupan. Kedua, optimalisasi algoritma YouTube yakni dengan memaksimalkan algoritma YouTube untuk menarik views. Ketiga, penyajian video dakwah Habib Ja’far terlihat menarik, unik, dan profesional. Karena memperhatikan tampilan visual dengan pengambilan gambar yang tidak monoton dan konten mudah dipahami karena menggunakan bahasa gaul seperti generasi muda serta diberi sentuhan humor agar tidak kaku.

Kata Kunci: Dakwah Digital, YouTube, Strategi Dakwah, Konten

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ANWAR MUJAHIDIN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:38
Last Modified: 26 Oct 2021 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16241

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item