..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN KESEDIAAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPA/Sains Studi Kasus di Kelas VI A MI Ma’arif Polorejo Ponorogo

Fatkhurrokhman, Muhammad (2021) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN KESEDIAAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPA/Sains Studi Kasus di Kelas VI A MI Ma’arif Polorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD FATKHURROKHMAN_210617219.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Fatkhurrokhman, Muhammad. Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPA/Sains Studi Kasus di Kelas VI A MI Ma’arif Polorejo Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M. Ag
Kata kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Mapel IPA
Kesulitan belajar merupakan suatu permasalahan yang dialami peserta didik, tak hanya di tingkat SD/MI saja, tetapi kesulitan belajar bisa juga dialami tingkat-tingkat berikutnya. Kesulitan belajar mengakibatkan siswa tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik, penyebabnya ada beberapa faktor. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami kegagalan dalam menyelesaikan tugas tugas akademiknya
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring yang dialami siswa kelas VI A pada mapel IPA, (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VI A MI Ma’arif Polorejo, 3)mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VI A MI Maarif Polorejo mengalami kesulitan belajar daring pada mapel IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa kelas VI A kemudian dipilih 5 siswa berdasarkan hasil tes untuk dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkaan analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar daring yang dialami siswa kelas VI A pada mapel IPA yaitu: (a) kurangnya interaksi antara guru dan siswa, siswa lebih bisa menerima materi jika pembelajaran dilakukan secara langsung; (b) kurangnya kemandirian dalam belajar, beberapa siswa masih belum memiliki kemandirian dalam belajar dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain; (c) Kelemahan Teknis, siswa terkendala dengan layanan internet, dan juga beberapa siswa belum memiliki handphone sendiri, (2) ) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar meliputi memberikan motivasi dan menyediakan sarana yang mendukung. (3)faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VI A MI Maarif Polorejo mengalami kesulitan belajar daring pada mapel IPA meliputi faktor internal dan eksternal, untuk faktor internal meliputi intelegensi, minat dan motivasi, faktor eksternalnya meliputi lingkungan keluarga, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:37
Last Modified: 26 Oct 2021 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16239

Actions (login required)

View Item View Item