..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Melaksanakan Shalat Tahajjud Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah

Afrinjani, Khusna (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Bimbingan Keagamaan Dalam Meningkatkan Motivasi Melaksanakan Shalat Tahajjud Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ibadah merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu ibadah sunat yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah shalat tahajiud, shalat tahajiud adalah shalat sunat yang dikerjakan di tengah malam buta, di saat semua makhluk bernyawa tidur lelap, tiada burung-buruk yang berkicau, tiada ayam yang berkokok, tiada suara mobil, motor atau kendaraan, yang siang hari hiruk pikuk. Tahajud artinya meninggalkan tidur (bangun tidur untuk shalat qiyamullail). Waktunya dimulai setelah mengerjakan shalat Isya sampai masuknya waktu fajar. Tapi yang lebih afdhal ialah di waktu malam. Jadi, shalat tahajud ialah shalat yang dilaksanakan di sepertiga malam, dimana semua makhluk yang bernyawa tertidur lelap kemudian bangun dari tidur dan melaksanakan shalat qiyamullail.
Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan motivasi melaksanakan shalat tahajjud pada santri di Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo?, Bagaimana dampak adanya bimbingan keagamaan dalam meningkatkan motivasi pelaksanaan shalat tahajjud oleh santri pondok pesantren Darul Falah?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fieldresearch) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, analisa yang digunakan adalah metode induktif dengan tahapan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan bimbingan keagamaan sudah berjalan cukup baik, dan juga sudah sangat efektif, para santri dengan sangat bahagia melaksanakan kegiatan yang telah menjadi aturan di pondok pesantren Darul Falah, sedangkan dampak yang di terima oleh santri terhadap bimbingan keagamaan terhadap motivasi pelaksanaan shalat tahajjud sangat positif, setelah melaksanakan sholat tahajjud para santri merasa lebih tenang dan lebih terkontrol emosinya, memiliki sara tenggang rasa terhadap sesama dan setelah melaksanakan sholat tahajjud mereka merasa tenang dalam menghadapi suatu masalah, mudah dalam berfikur dan mudah menerima pelajaran yang di berikan oleh ustadznya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatul Hanifa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:35
Last Modified: 26 Oct 2021 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16237

Actions (login required)

View Item View Item