PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SWALAYAN MBAHE MURAH KAUMAN PONOROGO

Alibi, Gesang (2021) PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI SWALAYAN MBAHE MURAH KAUMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Gesang Alibi - 210715108 final A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alibi, Gesang. 2021. Pengaruh Lokasi Dan Promosi Di Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam , Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.

Kata kunci: Lokasi, Promosi dan Loyalitas Pelanggan
Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo bergerak di bidang kebutuhan pokok primer maupun sekunder seperti bahan makanan pokok dan fashion. Lokasi Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo sangat strategis yaitu di utara perempatan arah Sampung, karena banyak dilalui kendaraan. Dari segi harga yang ditawarkan cukup bervarian hal itu membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen. Promosi yang dilakukan oleh Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo yaitu dengan penyebaran brosur dan kaos pada masyarakat untuk menarik agar masyarakat membeli di Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo. Selain itu promosi yang dilakukan adalah dengan media sosial. Namun yang menjadi masalah dari Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo adalah menurunnya pendapatan. .Meskipun Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo berdiri pada tahun 2013 Swalayan tersebut mengalami penurunan pendapatan pasca berpindah lokasi. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi dan promosi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Swalayan Mbahe Murah Kauman Ponorogo.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling, teknik pengambilan sampel secara incidental, serta pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS 16.0. Selain itu, analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, variabel promosi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, variabel lokasi dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 48,9% sedangkan 51,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: DWI SETYA NUGRAHINI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:44
Last Modified: 25 Oct 2021 05:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16236

Actions (login required)

View Item View Item