Analisis Persepsi dan Minat Nasabah Terhadap Produk Pembiayaan Mikro Faedah iB di BRI Syariah KCP Pare Kediri

Marhamah, Umi (2021) Analisis Persepsi dan Minat Nasabah Terhadap Produk Pembiayaan Mikro Faedah iB di BRI Syariah KCP Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816061_Umi Marhamah_Perbankan Syariahpdf.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Marhamah, Umi. Analisis Persepsi dan Minat Nasabah Terhadap Produk Pembiayaan Mikro Faedah iB di BRI Syariah KCP Pare Kediri. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag.
Kata Kunci: Persepsi Nasabah, Minat Nasabah, Dampak Persepsi Nasabah
Penelitian ini dilatar belakangi dengan cenderung banyaknya masyarakat yang ada di Wilayah Pare Kediri membuka usaha dan membutuhkan bantuan pembiayaan dalam mengembangkan usahanya. Dari beberapa produk pembiayaan Unit Mikro BRI Syariah iB yang paling kurang diminati adalah Mikro Faedah iB. Sedangkan menurut salah satu staff pegai BRI Syariah KCP Pare Kediri, dalam segi pemasaran produk-produk tersebut dilakukan dengan strategi pemasaran yang sama.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi nasabah pada produk pembiayaan mikro faedah ib BRI Syariah KCP Pare Kediri, dan bagaimana dampak persepsi nasabah terhadap minat pada pembiayaan mikro faedah ib di BRI Syariah KCP Pare Kediri. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian lapangan (field reseach) Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif induktif. Penelitian dilakukan di BRI Syariah KCP Pare Kediri dengan teknik pengumpulan data menggunakan kegiatan wawancara dan observasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Persepsi nasabah pada produk pembiayaan Mikro Faedah iB BRI Syariah KCP Pare Kediri memiliki beberapa faktor diantaranya adalah dua faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dan dalam kaitannya dengan minat nasabah, terdapat persepsi yang timbul terhadap produk, promosi, proses dan pelayanan, dan peralatan atau prasarana yang diberikan dan sisedikan oleh pihak bank. 2. Dampak dari persepsi nasabah yang menjadi penyebab kurangnya minat nasabah pada pembiayaan Mikro Faedah iB BRI Syariah KCP Pare Kediri, meliputi faktor produk, harga, sampai dengan financial yang dimiliki oleh calon nasabah. Sedangkan untuk faktor promosi dan distribusi tidak termasuk kedalam hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:08
Last Modified: 25 Oct 2021 03:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item View Item