..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEBAR PERSETUJUAN, KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA TERPADU HUDATUL MUNA 2 JENES PONOROGO

Kusumadewi, Rosida (2021) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEBAR PERSETUJUAN, KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU AKIDAH AKHLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA TERPADU HUDATUL MUNA 2 JENES PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317207 ROSIDA KUSUMADEWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kusumadewi, Rosida. 2021. Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Akidah Akhlak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata kunci: Variasi Gaya Mengajar, Akidah Akhlak, Motivasi Belajar
Pendidikan akhlak menjadi hal penting dalam pendidikan di zaman yang semakin maju, seperti sekarang ini. Fungsinya adalah sebagai pembinaan moral bagi anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Sedangkan yang berperan penting dalam pendidikan akhlak itu sendiri, ada banyak pihak, salah satunya adalah guru Akidah Akhlak. Sehingga dalam hal ini guru Akidah Akhlak dituntut untuk menciptakan pengaruh positif terhadap siswanya dengan memberikan motivasi, menggunakan variasi dalam mengajar, serta upaya-upaya lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional atau jenis penelitian non eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah 44 siswa kelas X dan XI MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo. Sehubungan dengan sedikitnya jumlah populasi siswa, maka jumlah sampel diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan angket disebar secara online karena adanya pandemi Covid-19. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pada tahap pra penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, pada tahap persyaratan penlitian menggunakan uji homogenitas, normalitas, dan linieritas, pada uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment dari Pearson dan uji koefisien Determinasi.
Berdasarkan analisis data diperolah koefesien Determinasi pengaruh variasi gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo adalah sebesar 0,026 dengan p = 0,297 (p > 0,05). Maka dapat dilihat bahwa variasi gaya mengajar guru Akidah Akhlak memberikan kontribusi sebesar 2,6% terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi, tidak ada pengaruh yang signifikan perilaku mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Jenes Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Oct 2021 03:06
Last Modified: 25 Oct 2021 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16222

Actions (login required)

View Item View Item