Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan dan Fraud Terhadap Prediksi Kebangkrutan Bank Umum Syariah Periode 2016-2019

ASLAMIYAH, UMI (2021) Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan dan Fraud Terhadap Prediksi Kebangkrutan Bank Umum Syariah Periode 2016-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817035_UMI ASLAMIYAH_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aslamiyah, Umi. Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan dan Fraud terhadap Prediksi Kebangkrutan Bank Umum Syariah Periode 2016-2019. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M.Pd.
Kata kunci: Kebangkrutan, Rasio-Rasio Keuangan, Fraud, Regresi Logistik Binary
Kebangkrutan merupakan suatu hal yang sangat dihindari oleh setiap perusahaan. Walaupun bukan atas kemauan dari berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan fungsi pokok perusahaan, namun perusahaan dapat dihadapkan pada situasi dimana terpaksa dinyatakan bangkrut dan tidak dapat melanjutkan usahanya kembali. Kebangkrutan didefinisikan sebagai suatu keadaan dimana jumlah kewajiban suatu perusahaan melebihi kewajaran aktiva totalnya atau suatu keadaan dimana perusahaan tidak dapat membayar kewajibannya pada waktu jatuh tempo. Kebangkrutan dapat disebabkan oleh berbagai faktor internal maupun eksternal. Dimana salah satu faktor internalnya yaitu ketika biaya operasional lebih besar dari pendapatan operasional maka akan menimbulkan kerugian perusahaan. Namun faktanya pada periode 2016-2019 Bank Umum Syariah terjadi peningkatan BOPO secara signifikan, dan hal ini berbanding lurus dengan peningkatan ROA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yakni data laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan oleh masing-masing Bank Umum Syariah periode 2016-2019. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio-rasio keuangan dan fraud . sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah prediksi kebangkrutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik binary dengan tingkat signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio CAR, BOPO dan FDR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prediksi kebangkrutan Bank Umum Syariah periode 2016-2019. Rasio keuangan NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap prediksi kebangkrutan Bank Umum Syariah periode 2016-2019. Kemudian untuk variabel fraud berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prediksi kebangkrutan Bank Umum Syariah periode 2016-2019. Variabel independen rasio-rasio keuangan dan fraud mampu menjelaskan sebesar 72,4% sedangkan 27,6% sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AJENG WAHYUNI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:50
Last Modified: 22 Oct 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item View Item