Efektivitas Penyaluran Progam Bantuan Subsidi Upah (BSU) Pada Peserta BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo

Triana, Amin Nur (2021) Efektivitas Penyaluran Progam Bantuan Subsidi Upah (BSU) Pada Peserta BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ethesis Amin Nur Triana.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Amin Nur Triana. Efektivitas Penyaluran Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) Pada Peserta BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri, M.E.I
Kata Kunci: Efektivitas, Program BSU, dan BPJS Ketenagakerjaan
Pandemi Covid 19 yang menimpa Indonesia sejak awal tahun 2020 berdampak pada berbagai sektor, bukan hanya kesehatan tetapi juga perekonomian. Karenanya pemerintah memberikan stimulus ekonomi dengan Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para buruh atau pekerja. Tujuan BSU adalah untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja atau buruh dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Program eksidental dan darurat ini banyak dianggap kurang efektif apalagi ditangani oleh tenaga yang terbatas. Oleh karena itu, permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana efektivitas penyaluran Program Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan bagaimana efektivitas adminitrasi dalam pengelolaan Program BSU pada Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang penerima manfaat BSU, 5 pegawai pengelola BSU. Analisis penelitian dilakukan secara kualitatif dengan logika induktif, artinya data-data yang masuk dibaca dengan teori yang ditetapkan kemudian ditarik kesimpulan yang relevant.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan program sudah cukup efektif tetapi satu indikator yang tidak efektif dari 6 indikator yang ada namun dalam pengadministrasian belum efektif karena masih ditemui beberapa kendala khususnya kendala pada peserta yaitu mereka mengirimkan berkas-berkas administrasian nomer rekening yang tidak aktif atau digit yang kurang sehingga proses pencairan program BSU mengakibatkan kemunduran waktu pencairan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Damanuri Aji
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:49
Last Modified: 22 Oct 2021 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

View Item View Item