..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Dana pihak ketiga ,Non Performing Finance terhadap Return On Assets melalui Financing Deposit to Ratio sebagai variabel intervening pada Bank Umum Syariah 2012- 2019

Arianti, Wulan (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Dana pihak ketiga ,Non Performing Finance terhadap Return On Assets melalui Financing Deposit to Ratio sebagai variabel intervening pada Bank Umum Syariah 2012- 2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Wulan_Arianti_210817056[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arianti, Wulan, 2021. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Finance terhadap Return On Assets melalui Financing Deposit To Ratio sebagai variabel intervening pada bank Umum Syariah 2012-2019 . Skripsi.Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Mansur Aziz Lc., M.SI.
Kata Kunci :Return On Asset,Dana Pihak ketiga, Non Performing Finance,Financing Deposit to Ratio

Return On Asset merupakan rasio yang menggambarkan Kemampuan bank dalam mengelola dana yang diinvestasikan dalam keseluruhan Aktiva yang akan menghasilkan keuntungan. Penelitian menggunakan Financing Deposit to ratio sebagai variabel intervening. Karena rasio ini akan memberikan indikasi rendahnya kemampuan Likuiditas pada bank yang bersangkutan. Pada faktanya dalam penelitian ini peneliti menemukan data Laporan keuangan dari Bank Umum Syariah bahwasanya nilai FDR meningkat namun tidak disertai dengan meningkat nya DPK yang selalu naik tetapi nilai ROA yang selalu turun, NPF yang mengalami penurunan sedangkan ROA mengalami penurununan juga dan FDR yang selalu mengalami peningkatan tetapi nilai ROA yang selalu menurun. Rumusan masalah penelitian ini bermaksud untuk Meneliti apakah Dana Pihak Ketiga terhadap Return on Assets pada Bank Umum Syariah melalui Financing to Deposit Ratio sebagai variabel intervening? Apakah terdapat pengaruh tidak langsung antara Non Performing Finance terhadap Return On Assets pada Bank Umum Syariah melalui Financing to Deposit Ratio sebagai variabel intervening?
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian Kuantitatif dngan pendekatan asosiatif. Jenis data sekunder dari Tahun 2012 -2019. Data diambil dari website 5 Bank Umum Syariah diantara Bank BNI Syariah, Bank Muamalat, Bank Mega Syariah, Bank BRI Syariah. Analisa data menggunakan uji Asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi Linier berganda, uji hipotesis dan analisa jalur/path analys.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financing deposit to ratio dapat memediasi antara Dana Pihak Ketiga dengan Return On Asset pada Bank Umum Syariah. Hal ini ditunjukan dengan nilai perkalian koefisien regresi Perkalian tidak langsung sebesar ( 0,057) lebih besar dibandingkan Nilai koefisien regresi langsung sebesar (-0, 495). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financing Deposit to Ratio dapat memediasi antara Non Performing Finance dengan Return On Assets . Hai ini di tunjukkan dengan nilai koefisien regresi perkalian tidak langsung sebesar 0,032 lebih besar dibandingan nilai koefisien regresi langsung sebesar (-0,538).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansir Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:45
Last Modified: 22 Oct 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16211

Actions (login required)

View Item View Item