..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM DITANDA TANGANI, TAMBAHKAN WATERMARK DAN UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Assets (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang Periode 2015-2019

Noviyanti, Rizky (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR PENGESAHAN BLM ADA, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BELUM DITANDA TANGANI, TAMBAHKAN WATERMARK DAN UBAH FILE DALAM FORMAT PDF, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Assets (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang Periode 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210817204_RIZKY NOVIYANTI_PERBANKAN SYARIAH.docx

Download (779kB)

Abstract

ABSTRAK

Noviyanti, Rizky. Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Return On Assets (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia Dalam Jangka Pendek dan Jangka Panjang Periode 2015-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nurma Fitrianna, M.SM.
Kata Kunci: GCG, NPF, ROA, ECM.
Pencapaian suatu bank dalam menjalankan aktivitas usahanya dapat dilihat dari seberapa besar Return On Assets (ROA) yang diperoleh oleh bank tersebut. Semakin besar ROA, maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan bank tersebut. Sebaliknya, semakin kecil ROA suatu bank maka semakin kecil pula keuntungan yang diperoleh, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bank tersebut. Karena pentingnya ROA, maka dari itu suatu perbankan perlu mengetahui dan memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ROA pada bank tersebut. Berdasarkan hal itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Return On Assets (ROA) Bank Umum Syariah di Indonesia dalam jangka pendek dan jangka panjang periode 2015-2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berupa data laporan tahunan dan laporan GCG yang dipublikasikan Bank Umum Syariah tahun 2015-2019. Populasi dari penelitian ini sebanyak 14 Bank Umum Syariah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh delapan Bank Syariah sebagai sampel dalam penelitian ini. Variabel bebas yang digunakan adalah GCG dan NPF. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROA. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Error Correction Model (ECM) dengan signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel GCG dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh terhadap ROA. Sedangkan variabel NPF dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh terhadap ROA. Secara simultan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang GCG dan NPF berpengaruh terhadap ROA. Besarnya pengaruh yang diberikan pada jangka pendek sebesar 64,2562%. Sedangkan pengaruh yang diberikan dalam jangka panjang sebesar 17,1713%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Umum Syariah harus terus memperhatikan perubahan rasio keuangan GCG dan NPF. Dengan begitu diharapkan dapat menjaga kestabilan dan meningkatkan perolehan ROA Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:41
Last Modified: 22 Oct 2021 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16210

Actions (login required)

View Item View Item