Pengaruh E-Commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop

Lestari, Dwi (2021) Pengaruh E-Commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717101_Dwi Lestari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Dwi. 2021. Pengaruh E-commerce Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Magetan Pengguna Aplikasi Online Shop. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, S.E., M.AK.
Kata Kunci : E-commerce, Pendapatan, dan Perilaku Konsumtif.
Perilaku konsumtif ialah tindakan mengkonsumsi suatu barang atau jasa hanya untuk menuruti keinginan serta kepuasan semata tanpa mementingkan kebutuhan dan kegunaan. Dengan adanya pendapatan serta kemudahan menggunakan e-commerce dapat menyebabkan perubahan perilaku konsumsi masyarakat. Meskipun terdapat promo besar-besaran akan tetapi masyarakat justru tidak belanja karena terkadang belanja melalui online justru mengecewakan. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce, pendapatan terhadap perilaku konsumtif serta pengaruh e-commerce dan pendapatan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif.
Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat Magetan pengguna aplikasi online shop. Sampel yang diambil sebanyak 112 responden, data kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 16. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji deskripsi, uji heterokedastisitas, uji autikorelasi, uji normalitas, uji linier sederhana dan berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : e-commerce tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, akan tetapi pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. serta secara bersama-sama e-commerce dan pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:27
Last Modified: 22 Oct 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16203

Actions (login required)

View Item View Item