Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada BTPN Syariah Periode 2018-2020

Marosya, Ardha Aqluna (2021) Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada BTPN Syariah Periode 2018-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-thesis ardha aqluna marosya_PS_210817235.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Marosya, Ardha Aqluna. 2021. "Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada BTPN Syariah Periode 2018-2020." Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ika Susilawati, S.E., M.M.
Kata Kunci : Modal, Utang, Saham, ECM.
Nilai Perusahaan adalah harga yang bersedia dibayar calon pembeli apabila perusahaan tersebut dijual. Adapun variabel yang mempengaruhi meliputi profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan. Semakin meningkat profitabilitas maka nilai perusahaan akan semakin meningkat, semakin meningkat leverage maka nilai perusahaan akan semakin menurun dan semakin meningkat ukuran perusahaan maka nilai perusahaan akan semakin meningkat. Namun faktanya semakin turun profitabilitas justru semakin meningkat nilai perusahaan, semakin meningkat leverage justru semakin meningkat nilai perusahaan dan semakin turun ukuran perusahaan justru semakin meningkat nilai perusahaan. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas secara parsial terhadap nilai perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang, untuk mengetahui pengaruh leverage secara parsial terhadap nilai perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan secara parsial terhadap nilai perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang, untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap nilai perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber data berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan triwulan yang diterbitkan oleh BTPN Syariah dan ringkasan saham yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Error Correction Model (ECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas dalam jangka pendek dan jangka panjang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Leverage dalam jangka pendek berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan dalam jangka panjang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan dalam jangka panjang ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan dalam jangka pendek berpengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 72,72%. Sedangkan dalam jangka panjang, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:55
Last Modified: 21 Oct 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16199

Actions (login required)

View Item View Item