ANALISI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA NUsantara MART PACITAN)

Pratiwi, Lilik Eka (2021) ANALISI STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA NUsantara MART PACITAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717189_LILIK EKA PRATIWI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pratiwi, Lilik Eka. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Pada NUsantara Mart Pacitan. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M.IRKH.
Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, Dampak, Pandemi Covid-19.
Pandemi covid-19 merupakan fenomena yang memberikan dampak besar bagi Indonesia. Salah satu aspek yang terdampak yakni usaha yang bergerak di bidang retail. Dalam hal ini pelaku usaha diminta lebih inovatif khususnya dalam strategi pemasaran, namun meskipun sudah berusaha maksimal, yang terjadi masih banyak pelaku usaha yang merasa heran bahkan kuwalahan. Sebagai dampak kebijakan-kebijakan terkait pandemi, Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19, serta menganalisis dampak setelah di terapkannya strategi bauran pemasaran.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data di dapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha menerapkan inovasi strategi bauran pemasaran yang terdiri strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi tempat. Dari segi produk yaitu dengan menggabungkan beberapa buah produk menjadi satu paket hemat penjualan produk yang hanya akan diambil satu harga saja dari keseluruhan produk yang digabungkan. Dari segi harga masih sama dengan saat belum terdampak covid-19 yaitu menetapkan harga jual produk sedikit lebih rendah dari harga pesaing dan juga memberikan potongan harga. Segi promosi dan tempat, dengan menggunakan internet marketing. Pada strategi tempat dan saluran distribusi, disediakan tempat mencuci tangan, disediakan sabun dan hand sanitizer, kemudian pada layanan distibusi dilakukan dengan penjualan online, bagi konsumen yang tidak bisa berbelanja secara langsung NUsantara Mart menyediakan jasa layanan antar atau delivery yang akan diantar oleh karyawan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dari hasil kajian yang telah dilakukan dapat diketahui dampak dari diterapkannya inovasi strategi ini yaitu dari sekian inovasi strategi yang sudah dilakukan ternyata tidak memberikan impact yang signifikan dalam meningkatkan volume penjualan. Dalam pelaksanaannya, strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh NUsantara Mart ini belum bisa dikatakan berhasil karena belum menunjukkan hasil yang optimal. Penulis mendapati temuan bahwa akar dari permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor yang sangat berpengaruh pada penurunan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:47
Last Modified: 21 Oct 2021 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16190

Actions (login required)

View Item View Item