TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KRITERIA DAN TUGAS HAKAMAIN DI DESA JIMBE KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO

Anam, Faqih Khoirul (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KRITERIA DAN TUGAS HAKAMAIN DI DESA JIMBE KECAMATAN JENANGAN KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
UPLOAD.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Anam, Faqih Khoirul. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kreteria Dan Tugas H}a>kamain di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Achmad Rodli Makmun, M. Ag.
Kata Kunci: Hakamain.
Kehadiran h}a>kamain dalam rangka menemukan solusi atas masalah pertikaian yang dilakukan oleh pihak suami dan istri sangatlah diharapkan. Oleh karena itu, agar eksisten dan tugas h}a>kamain bisa berjalan secara efektif maka cara pengangkatan h}a>kamain haruslah bersifat prosedural. Sebagai contoh dalam hal ini adalah seperti yang terjadi di desa Jimbe kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo, apabila terjadi kasus perceraian maka kasus tersebut hanya diselesaikan sendiri oleh suami dan istri, tanpa melibatkan keluarga besar kedua pihak atau yang mewakili keduanya, artinya suami istri yang berselisih atau bertengkar dengan pertengkaran yang berakibat perceraian, apabila tidak bisa menangani langsung permasalahan tersebut, diserahkan ke pengadilan agama tanpa ada perbaikan hubungan keluarga.
Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk meneliti dan melakukan penelitian tentang pandangan tokoh masyarakat terkait hakamain di Desa Jimbe. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kreteria h>akamain di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaiamana tinjauan hukum Islam terhadap tugas h}a>kamain di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo?
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sifatnya adalah penelitian deskriptif. Sedangkan teknik penggumpulan data menggunakan cara wawancara. Kemudian data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mengelola data-data dari hasilpenelitian yang dilakukan.
Adapun hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Jika ditinjau dari hukum Islam, pengangkatan tugas h}a>kamain di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan sudah memenuhi kriteria yang ditentukan dalam hukum Islam, yaitu: Islam, aqil, baligh dan jujur. Yang di angkat sebagai tugas h}a>kamain di desa tersebut adalah seorang kyai yang lebih mengetahui tentang ketentuan hukum sy>ara’. Berdasarkan pengangkatan tugas h}a>kamain di desa Jimbe Kecamatan Jenangan sudah memenuhi kriteria yang di tentukan oleh hukum Islam.(2) Apabila ditinjau dari hukum Islam tentang tugas tugas h}a>kamain bisa diambil kesimpulan bahwa mereka yang diberi tugas sebagai pelaksana tugas h}a>kamain yang ditunjuk dari kedua belah pihak (baik pihak istri maupun pihak suami yang bertikai) sudah terlaksana dengan baik dan memenuhi kriteria yang ditentukan dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Achmad Rodli Makmun
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:22
Last Modified: 19 Oct 2021 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item