Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Pendapatan Reward Distributor Bisnis MLM Syariah Pada PT HWI Distributor Ponorogo

Damayanti, Rosa (2021) Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Pendapatan Reward Distributor Bisnis MLM Syariah Pada PT HWI Distributor Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217049_Rosa Damayanti_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Damayanti, Rosa, 2021. Tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah Terhadap Pendapatan Reward Distributor Bisnis MLM Syariah Pada PT HWI Distributor Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.

Kata kunci: Fatwa DSN MUI No. 75 Tahun 2009, Multi Level Marketing
PT. HWI merupakan salah satu bisnis MLM (Multi Level Marketing) yang bergerak pada bidang kesehatan dan kecantikan. Dalam sistemnya, setiap anggota berhak mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk, perekrutan anggota, dan pembinaan terhadap jaringannya. PT HWI ini telah memiliki sertifikasi halal serta pada dalam kemasan produk telah dicantumkan label halal MUI. DSN-MUI mengeluarkan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) yang dapat dijadikan sebagai pedoman agar bisnis MLM dapat menjalankan sistemnya dengan ketentuan syariah. Penelitian ini berawal mengenai kriteria pendapatan reward yaitu dengan melakukan penjualan dan perekrutan. Kemudian, mengenai sistem pendapatan reward yaitu dengan perolehan poin dari rekrut dan penjualan paket produk.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah terhadap kriteria pendapatan reward distributor bisnis MLM syariah pada PT. HWI Distributor Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah terhadap sistem pendapatan reward distributor bisnis MLM syariah pada PT. HWI Distributor Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kriteria pendapatan reward pada bisnis MLM Syariah PT. HWI telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Dalam penjualan dan perekrutan dikalukan dengan sukarela serta tidak ada excessive mark-up yang dapat merugikan konsumen. Sedangkan dalam sistem pendapatan reward pada PT HWI ini belum sepenuhnya sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS) karena seorang uplineyang tetapmemperoleh poin reward meskipun tidak melakukan penjualan dan perekrutan selama downline dibawahnya dalam satu jaringan aktif dalam melakukan penjualan dan perekrutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:23
Last Modified: 19 Oct 2021 03:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16170

Actions (login required)

View Item View Item