Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit Putra Nirwana Magetan

Efendi, Rudi Fransiska Tri (2021) Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit Putra Nirwana Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_UPLOAD_ETHESES WATERMAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Efendi, Rudi Fransiska Tri. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Krputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit Putra Nirwana Magetan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakuktas Ekonomi dan Bismis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ajeng Wahyuni, M. Pd.
Kata Kunci : Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian.
Magetan dikenal sebagai kota penghasil produk kerajinan kulit dengan tingkat keputusan pembelian yang tinggi. Salah satu toko penjual produk kulit adalah Pusat Oleh-Oleh Putra Nirwana. Merek serta Kualitas produk yang baik menjadi pertimbangan konsumen untuk melakukan pembelian. Harga juga faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Karena semakin tinggi harga, maka semakin sedikit pembelian, begitupun sebaliknya. Selain itu, lokasi yang mudah dijangkau akan menarik konsumen melakukan pembelian. Berdasarkan hasil wawancara, keputusan pembelian produk kulit merek Putra Nirwana lebih tinggi dibandingkan merek lainnya yang harganya lebih rendah dimana kualitas produk dan merek Putra Nirwana belum dikenal banyak orang. Berdasarkan observasi masyarakat sekitar Pusat Oleh-Oleh Putra Nirwana membeli produk kulit di tempat lain yang lokasinya lebih jauh serta biaya transportasi lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek, harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan Pembelian Produk Kerajinan Kulit.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis dan sumber data primer dan sekunder, jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan Teknik Incidental Sampling. Serta menggunakan analisis linier berganda, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner/angket.
Adapun hasil penelitian adalah (1) Citra merek, kualitas produk dan lokasi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kulit dengan nilai signifikansi citra merek 0,015 < 0,05, signifikansi kualitas produk 0,011 < 0,05, serta lokasi sebesar 0,037 < 0,05. Sedangkan harga (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kulit, karena nilai signifikansi 0,284 > 0,05. (2) Citra merek, harga, kualitas produk dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kulit dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 39% sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:22
Last Modified: 19 Oct 2021 03:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16169

Actions (login required)

View Item View Item