Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Jambi

Andriani, Nu'man Nur (2021) Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Jambi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
file publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andriani, Nu’man Nur. Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Kemiskinan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Wilayah Provinsi Jambi. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.
Kata kunci: Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output per kapita yang terus menerus dalam jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Kemiskinan terhadap Pertumbuhan Ekonomi kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jambi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Data Panel dengan metode Fixed Effect Model (FEM) dan uji hipotesis menggunakan Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Data yang digunakan adalah data sekunder yang memadukan antara data time series dan data cross section untuk periode 2010-2019, dengan uji statistik menggunakan aplikasi Eviews 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jumlah Penduduk secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Kemiskinan secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jambi. Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Kemiskinan secara simultan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi kabupaten/kota di wilayah Provinsi Jambi. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,541, artinya 54,1% variabel Pertumbuhan Ekonomi dipengaruhi oleh variabel Jumlah Penduduk, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan Kemiskinan, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:21
Last Modified: 19 Oct 2021 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item