STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PENTOL CORAH DAN OTAK-OTAK PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Studi Pada Pentol Corah dan Otak-Otak Assegaf Jaya Jetis Ponorogo)

Ambarwati, Yenni Novita (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA PENTOL CORAH DAN OTAK-OTAK PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Studi Pada Pentol Corah dan Otak-Otak Assegaf Jaya Jetis Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717044_Yenni Novita Ambarwati_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ambarwati, Yenni Novita. 2021. “Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pentol Corah dan Otak-Otak Perspektif Marketing Syariah (Studi Pada Pentol Corah dan Otak-Otak Assegaf Jaya Jetis Ponorogo)." Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Jannah, M.Ag.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Marketing Syariah, Persaingan
Dalam melakukan usaha strategi pemasaran yang dilakukan bukan hanya untuk mencari laba yang besar saja tetapi juga ridho dari Allah SWT. Sekarang ini persaingan usaha semakin ketat perlu adanya penerapan strategi pemasaran yang tepat untuk mengatasinya seperti pemasaran produk, harga, lokasi dan promosi, dengan ini diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang dimiliki. Meskipun banyak persaingan dan cara promosi yang masih sederhana usaha pentol corah dan otak-otak Assegaf Jaya terus menerus mengalami peningkatan penjualan. Untuk mengetahui peningkatan penjualan produk pentol corah fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis marketing syariah terhadap strategi pemasaran yang diterapkan usaha pentol cotah dan otak-otak Assegaf Jaya Jetis Ponorogo?, (2) Bagaimana dampak penerapan strategi pemasaran usaha pentol corah dan otak-otak Assegaf Jaya terhadap persaingan usaha perspektif marketing syariah?.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah (1) produk: dengan mengutamakan kualitas produk dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Harga: menyamakan dengan penjual pentol corah yang lain. Lokasi/Saluran Distribusi: pemilihan lokasi yang strategis didekat sekolahan atau kampus, pendistribusiannya secara langsung. Promosi: promosinya masih sederhana, akan tetapi usaha ini sudah memiliki banyak reseller karena omongan para konsumen yang telah merasa puas terhadap produk yang mereka nikmati, sehingga tanpa sadar para konsumen secara tidak langsung merekalah yang mempromosikan atau merekomendasikan produk pentol corah dan otak-otak Assegaf Jaya ini kepada orang lain. Strategi pemasarannya juga sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah. Mulai dari proses produksi sampai dengan proses pemasaran produknya. (2) Dampak dari penerapan strategi pemasaran memberikan pengaruh yang positif bagi perkembangan usaha pentol corah dan otak-otak Assegaf Jaya hal ini dapat dilihat dari awal berdiri usaha ini terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Jannah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:18
Last Modified: 19 Oct 2021 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item