Analisis Bauran Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Jamur Kuping Pada Usaha“Rinjani Jamur” Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo

Ambarsari, Yessi Novita (2021) Analisis Bauran Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Jamur Kuping Pada Usaha“Rinjani Jamur” Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717042_Yessi Novita Ambarsari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ambarsari, Yessi Novita. 2021. “Analisis Bauran Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Jamur Kuping Pada Usaha “Rinjani Jamur” Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo” Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dwi Setya Nugrahini, M.Pd.
Kata kunci: Bauran Promosi dan Volume Penjualan
Seiring bertumbuhnya roda perekonomian manusia yang semakin berkembang, serta pengembangan teknologi yang begitu canggih membuat persaingan usaha begitu dirasakan. Maka dari itu perlu diterapkannya bauran promosi, dan bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan. Untuk mengetahui analisis bauran promosi yang ada di usaha Rinjani Jamur fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis bauran promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan jamur kuping pada Rinjani Jamur Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana kendala bauran promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan jamur kuping pada Rinjani Jamur Desa joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang dipakai oleh penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari suatu hasil penelitian. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Meliputi bauran promosi yang diterapkan pada Rinjani Jamur belum dilakukan secara maksimal. Dari berbagai tahap elemen bauran promosi seperti advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan langsung) public relation (hubungan masyarakat). Rinjani Jamur sudah menerapkan media bauran promosi akan tetapi masih dilakukan secara sederhana. (2) Kendala yang ada di Rinjani Jamur dalam menerapkan bauran promosi iyalah kurangnya pengaplikasian media promosi, belum melakukan promosi penjualan secara maksimal dikarenakan hasil produksi tidak memiliki keuntungan yang maksimal. Dan untuk penjualan langsung kepada konsumen hanya dilakukan sebagian pembeli, karena belum bisa melakukan secara optimal karena mereka lebih memilih margin kecil dan bisa untuk menghemat waktu jaul. Sedangkan untuk penerapan hubungan masyarakat Rinjani Jamur tidak memiliki kendala apapun, bahkan Rinjani Jamur memberikan dampak positif terhadap perkembangan perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:09
Last Modified: 19 Oct 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item