Pengaruh Marketing Public Relation, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan JNE Di Ponorogo

Dipitasari, Dipitasari (2021) Pengaruh Marketing Public Relation, Brand Image, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan JNE Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB 1 upload skripsi bener.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dipitasari. Pengaruh Marketing Public Relation, Brand Image, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan di JNE Ponorogo. jurusan Ekonomi syariah akultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhtadin Amri, M.S. Ak.
Kata Kunci : Marketing Public Relation, Brand Image, Kepercayaan Merek, Loyalitas Pelanggan.
JNE merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman dan logistik yang berpusat di Jakarta, yang sudah berdiri sejak tahun 1991. Tujuan utama dari JNE didirikan yaitu untuk menjadi perusahaan rantai pasok global terdepan di dunia. Memberikan jasa yang dapat diandalkan masyarakat di dalam katagori ekspedisi. Namun tiga tahun belakangan JNE mengalami penurunan loyalitas yang sangat drastis, dilihat dari pengamatan awal dan wawancara yang dilakukan penulis terhadap pelanggan di JNE banyaknya pengaduan pelanggan kinerja ekpedisi dan layanan kurir seperti keterlambatan pengiriman melebihi estimasi, lepas tanggung jawab atas klaim barang yang rusak, kualitas pengiriman tidak sesuai dengan tarif jasa pengiriman, dapat disimpulkan bahwa hal tersebut dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan.
Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh marketing publik relation terhadap loyalitas pelanggan JNE di Ponorogo, 2) Untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan JNE di Ponorogo, 3) Untuk menganalisis pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan JNE di Ponorogo, 4) Untuk menganalisis pengaruh marketing public relation, brand image dan kepercyan merek terhadap loyalitas pelanggan JNE di Ponorogo. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dan pengambilan data sampel dalam penelitian ini yaitu wawancara dan kesioner. Poopulasi dalam penelitian ini sebanyak 96 responden dengan teknik purposive sampling.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) marketing public relation memperoleh nilai thitung 3,35 ˃ 1,987 dengan taraf signifikasi uji t sebesar 0,001 ˂ 0,05 memperoleh hasil 33,3% maka dapat disimpulkan bahwa marketing public relation berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 2) brand image memperoleh nilai thitung 2,060 ˃ 1,987 dengan taraf signifikasi uji t sebesar 0,042 ˂ 0,05 memperoleh hasil 26,85% maka dapat disimpulkan bahwa brand image berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 3) kepercayaan merek memperoleh nilai t hitung 3,705 ˃ 1,987 dengan taraf signiikasi uji t sebesar 0,000 ˂ 0,05 memperoleh hasil 41,3% maka dapat disimpulkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 4) marketing public relation, brand image, dan kpercayaan merek bersama – sama berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 57,7% sedangkan sisanya 42,3% di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Amri Muhtadin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:00
Last Modified: 18 Oct 2021 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item View Item