Penerapan Etika Bisnis Islam pada Perdagangan Bawang Merah di Pasar Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Rostyaningrum, Indah (2021) Penerapan Etika Bisnis Islam pada Perdagangan Bawang Merah di Pasar Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717053_INDAH ROSTYANINGRUM_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rostyaningrum, Indah. Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Perdagangan Bawang Merah di Pasar Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Said Abadi. Lc., M.A

Kata Kunci : Perdagangan, Etika Bisnis Islam, Pasar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa perilaku pedagang bawang merah di Pasar Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo yang disinyalir melakukan penyimpangan etika bisnis Islam. Adanya kurang kepercayaan dari pembeli terhadap pedagang bawang merah yang langsung dikemas ketika akan membeli bawang merah menjadi salah satu aspek utama dalam melakukan penelitian terhadap praktik transaksi pedagang bawang merah di Pasar Kedungbanteng. Etika Bisnis Islam merupakan pedoman bagi para pebisnis maupun pedagang muslim dalam kegiatan berdagang. Dengan adanya etika bisnis Islam dapat menjadikan kegiatan berdagang berjalan dengan baik. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui praktik transaksi perdagangan bawang merah dan penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam pada pedagang babwang merah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, data dikumpulkan melalui wawancara secara terstruktur dan tidak terstruktur, selain itu metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis praktik transaksi pedagang bawang merah di Pasar Kedungbanteng serta penerapan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam diterapkan oleh pedagang.
Hasil penelitian ini adalah praktik transaksi pedagang bawang merah di Pasar Kedungbanteng belum sepenuhnya menerapkan etika bisnis Islam, tetapi secara keseluruhan sudah baik dalam melakukan transaksi jual beli. Dalam hal ini pedagang telah menerapkan transaksi yang sesuai ajaran Islam yaitu kewajiban bersifat jujur, berpegang teguh pada nasihat dan mejauhi penipuan, menghindari najasy. Pada kewajiban bersikap amanah dan persaingan tidak sehat masih terdapat pedagang yang belum menerapkan dengan baik. Dalam penerapan etika bisnis Islam melalui prinsip-prinsip etika bisnis Islam, pedagang bawang merah di Pasar Kedungbanteng sebagian masih ada yang kurang memahami prinsip keseimbangan, prinsip responsibilty dan prinsip ihsan. Sedangkan pada prinsip tauhid dan freewill pedagang telah menerapkannya dengan baik dalam berdagang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:57
Last Modified: 18 Oct 2021 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16147

Actions (login required)

View Item View Item