Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas Di Doyok Motor Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Lestari, Inda (2021) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas Di Doyok Motor Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717008_Inda Lestari_Ekonomi Syariah (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Inda. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas Di Doyok Motor Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, M.M.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, segmentasi pasar, targeting, positioning, Faktor-faktor Penjualan.

Pemasaran berasal dari kata pasar atau dapat diartikan pula dengan konteks tradisional “tempat orang jual beli”. Pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah sebuah proses sosial manajerial, dimana individu-individu dan kelompok-kelompok memperoleh apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan, melalui penciptaan serta pertukaran produk nilai dengan pihak lain. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi serta mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan kepada para konsumen saat ini, maupun konsumen potensial.
Doyok Motor merupakan salah satu toko jual beli motor bekas di daerah Madiun selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan. Jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu dengan menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan dengan hasil sebagai berikut: (1) Kurangnya melakukan promosi kepada masyarakat karena pada Doyok Motor ini hanya berpromosi lewat media sosial seperti youtube, facebook, dan tidak semua kalangan masyarakat memiliki atau bisa mengakses semua media sosial, (2) Pelaksanaan strategi pemasaran dengan menggunakan 4P, product, price, place, promotion, jumlah penjualan saat ini masih mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan strategi promotion yang dilakukan oleh Doyok Motor masih kurang, karena untuk melakukan promosi hanya dilakukan 2 atau 3 kali saja dalam satu bulan untuk promosi, (3) Strategi pemasaran dengan menggunakan segmenting, targeting, positioning pada produk sepeda motor bekas pada segmentasi pasar bahwa dalam Doyok Motor ini hanya menerapkan segmentasi demografi dan geografis saja. Untuk target pasar sasaran masih bersifat umum untuk semua kalangan masyarakat, (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan dari Doyok Motor ini adalah kondisi dan kemampuan penjualan baik karena mudah dijangkau dan tempat yang strategis dekat perempatan jalan besar, faktor lain yang mempengaruhi penjualan pada Doyok Motor ini adalah kondisi pada ruangan di Doyok Moyor yaitu dapat dilihat dari ruang tunggu konsumen yang kurang luas sehingga membuat konsumen tidak kebagian tempat duduk jika terdapat banyak konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:45
Last Modified: 18 Oct 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16144

Actions (login required)

View Item View Item