Analisis Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Konveksi ESGE Sablon Ponorogo

Rifa'i, Taufiqur Abdul (2021) Analisis Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Konveksi ESGE Sablon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717154_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rifa'i, Taufiqur Abdul. 2021 “Analisis Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Konveksi EsGe Sablon Ponorogo” Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata kunci: Motivasi, Kinerja, Karyawan.
Dalam menghadapi kehidupan serba modern ini, peranan Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu karyawan sebagai sumber tenaga kerja dalam suatu unit organisasi sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, baik berupa barang ataupun berupa jasa. Salah satu faktor yang mendorong kinerja karyawan di Konveksi EsGe Sablon Ponorogo ini ialah motivasi yang diberikan oleh pemimpin usaha tersebut. Pada konveksi ini motivasi yang diberikan adalah peraturan yang flaksibel. Sistem yang diterapkan bertujuan untuk kenyamanan dan kelonggaran karyawan dalam melaksanakan pekerjaan di bidangnya masing-masing. Pada kenyataannya dengan diberlakukan peraturan yang fleksibel masih terdapat karyawan yang belum bisa memenuhi target produksi yang diberikan oleh perusahaan, terbukti pada saat deadline pengambilan pesanan yang dilakukan oleh Bapak Bowono, Kaos Kelompok Tani “Margo Utomo” karyawan masih belum bisa menyelesaikan tepat waktu.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research), dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Lokasinya di Jl. Dusun Kaponan 3 RT.03/RW.02 Kaponan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor intern terhadap motivasi kerja karyawan di Konveksi EsGe Sablon Ponorogo adalah bekerja dengan niat belajar dan mencari pengalaman, keinginan untuk memiliki suatu barang, jarak lokasi dekat, dan keadilan sedangkan untuk faktor ekstern ialah kondisi lingkungan kerja, kompensasi yang memadai, supervise yang baik, peraturan yang fleksibel dan pengevaluasian. Dampak dari motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Konveksi EsGe Sablon Ponorogo adalah mengalami peningkatan motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:43
Last Modified: 18 Oct 2021 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16141

Actions (login required)

View Item View Item