ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN PADA KONVEKSI ESGE SABLON PONOROGO

Nurcahyanti, Rika (2021) ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN PADA KONVEKSI ESGE SABLON PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717147_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurcahyanti, Rika. NIM: 210717147, “Analisis SWOT Strategi Pemasaran Pada Konveksi ESGE Sablon Ponorogo”, Skripsi, 2021, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, SWOT.

Strategi adalah langkah-langkah yang digunakan dalam suatu perusahaan untuk menjalankan usahnya dalam mencapai tujuan perusahaan. Dalam memasarkan suatu produk yang dihasilkan dalam perusahaan,, maka perusahaan harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi pemasaran merupakan strategi atau langkah-langkah yang digunakan dalam pemasaran untuk memasarkan produknya agar sampai ke sasaran pasar. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dalam suatu perusahaan digunakan analisis faktor internal dan analisis faktor eksternal perusahaan.
Tujuan penelitian yang berjudul Analisis SWOT Strategi Pemasaran pada Konveksi Esge Sablon Ponorogo yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat yang digunakan oleh Konveksi ESGE Sablon Ponorogo dalam menjalankan usahanya untuk mencapai tujuan perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang ada dalam perusahaan.
Dalam penelitian ini data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan matrik IFAS, matrik EFAS, matrik IE, dan matrik SWOT. Lokasi penelitian ini berada di Jl. Dusun Kaponan 3 RT.03/RW.02 Kaponan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo 63472.
Hasil penelitian ini menyaatkan bahwa Konveksi Esge Sablon Ponorogo sudah melakukan strategi product dan price tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Akan tetapi untuk promotion dan place yang dilakukan oleh Konveksi ESGE Sablon Ponorogo belum tepat sasaran sehingga perlu adanya evaluasi. Adapun strategi yang dapat digunakan oleh Konveksi ESGE Sablon Ponorogo yaitu dengan memperhatikan cara pemasaran baik online maupun offline dan lebih memikirkan ulang penetapan lokasi yang strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: TIARA WIDYA ANTIKASARI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:42
Last Modified: 18 Oct 2021 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16140

Actions (login required)

View Item View Item