Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo

Mahendra, Agdela Kristya (2021) Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717181_Agdela Kristya Mahendra_Ekonomi Syariah.pdf

Download (991kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mahendra, Agdela Kristya. 2021. Manajemen Strategi Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yunaita Rahmawati, SE., M.Si., Ak
Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.
Manajemen strategi dapat didefinisikan sebagai seni dan sains dalam memformulasi, mengimplementasi, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi dapat memperoleh tujuannya. Pada BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo sudah ada beberapa manajemen strategi yang sudah dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo ini agar dapat menambah jumlah kepesertaannya salah satunya pada strategi pemasaran dan pada pelayannya namun hasil yang didapat juga kurang memuaskan. Meskipun sudah berbadan hukum resmi angka pekerja yang mendaftar pada BPJS Ketenagakerjaan ini masih dinilai rendah dan belum memenuhi target dalam mendapatkan kepesertaannya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), lokasi penelitian berada di Kantor BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo, teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber yang didapat langsung dari Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo, Kabid Pelayanan serta Kabid Pemasaran. Lalu data diolah menggunakan metode editing, organizing dan analizyng, dan yang terakhir teknik menganalisis data untuk menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo melakukan tiga tahapan manajemen strategi dalam upaya meningkatkan kepesertaannya yaitu dengan melakukan proses perencanaan, proses pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian agar manajemen strategi di BPJS Ketenagakerjaan KCP Ponorogo dapat berjalan dengan optimal maka juga melakukan berbagai cara dengan sosialisasi secara online dan offline, sosialisasi tentang peran BPJS Ketenagakerjaan bagi para tenaga kerja atau calon peserta yang belum mengikuti kepesertaan dan melakukan identifikasi hambatan guna mengetahui alasan para tenaga kerja yang belum mengikuti dan belum menjadi kepesertaan di BPJS ketenagakerjaan KCP Ponorogo agar nantinya manajemen strategi yang telah disusun bisa tepat sasaran dan bisa meningkatkan kepesertaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yunaita Rahmawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:40
Last Modified: 18 Oct 2021 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item View Item