Pengaruh Kelas Sosial Dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Pengguna Shopee Di Ponorogo

Hanifah, Fitria Ulfa (2021) Pengaruh Kelas Sosial Dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Pengguna Shopee Di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717097_Fitria Ulfa Hanifah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hanifah, Fitria Ulfa, 2021. Pengaruh Kelas Sosial dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Remaja Pengguna Shopee Di Ponorogo. Jurusan Ekonomi Syariah. FEBI, IAIN Ponorogo, Program Sarjana S-1. Pembimbing Nurma Fitrianna, M. SM.
Kata Kunci: Kelas Sosial, Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif
Perilaku konsumtif adalah suatu tindakan mengonsumsi suatu barang atau jasa secara berlebihan tanpa adanya suatu pertimbangan. Perkembangan teknologi mempengaruhi kehidupan tidak terkecuali pada remaja salah satunya yaitu metode berbelanja berbasis online yaitu aplikasi Shopee. Perilaku konsumtif dapat terjadi kepada siapa saja tidak terkecuali para remaja di Ponorogo, berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara awal menunjukkan bahwa kelas sosial dan konsep diri yang rendah namun perilaku konsumtif remaja pengguna Shopee di Ponorogo tergolong tinggi. Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah kelas sosial serta konsep diri yang selalu ingin mengikuti perkembangan setiap waktu serta kemudahan yang ditawarkan membuat remaja berlomba-lomba untuk mengikuti tren yang dapat menuju pada perilaku konsumtif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelas sosial dan konsep diri berpegaruh secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif pada remaja pengguna Shopee Di Ponorogo.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data primer. Pengambilan sampel menggunakan rumus Cochran. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara incidental. Instrumen penelitian menggunakan koesioner yang diberikan kepada 96 responden. Selain itu metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Adapun hasilnya adalah terdapat pengaruh antara kelas sosial terhadap perilaku konsumtif para remaja pengguna Shopee di Ponorogo, dengan nilai thitung sebesar 4,393 yang bernilai positif dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap perilaku konsumtif para remaja pengguna Shopee di Ponorogo, dengan nilai thitung sebesar -6,046 yang bernilai negatif dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh secara simultan antara kelas sosial dan konsep diri terhadap perilaku konsumtif para remaja pengguna Shopee di Ponorogo, dengan nilai fhitung > ftabel atau 61,286 > 3,09, dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga besar pengaruhnya sebesar 56,9% sisanya yaitu 43,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:39
Last Modified: 18 Oct 2021 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16097

Actions (login required)

View Item View Item