Analisis Deskriptif Motivasi Dan Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo

Hawawi, Mayyadah (2021) Analisis Deskriptif Motivasi Dan Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717045_Mayyadah Hawawi_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hawawi, Mayyadah. Analisis Deskriptif Motivasi Dan Partisipasi Anggota Koperasi Mahasiswa Al-Hikmah IAIN Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Nurma Fitrianna, M.S.M.
Kata Kunci: Motivasi, Partisipasi, Koperasi Mahasiswa
Partisipasi anggota merupakan kunci keberhasilan organisasi koperasi dan usaha koperasi. Partisipasi berarti meningkatkan peran serta orang-orang yang mempunyai visi-misi yang sama bagi mengembangkan organisasi maupun usaha koperasi. Indikator yang sesuai untuk menentukan tingkat partisipasi adalah Partisipasi dalam pengambilan keputusan dalam rapat anggota, Partisipasi dalam kontribusi modal, Partisipasi dalam pemanfaatan pelayanan, dan Partisipasi dalam pengawasan koperasi. Salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi anggota secara non materi adalah motivasi. Motivasi merupakan suatu dorongan yang membuat orang bertindak atau berperilaku dengan cara-cara motivasi yang mengacu pada sebab munculnya sebuah perilaku, seperti faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis motif mahasiswa bergabung dalam keanggotaan Kopma Al-Hikmah IAIN Ponorogo dan menganalisis partisipasi keanggotaan mahasiswa di dalam Kopma Al-Hikmah IAIN Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Kopma Al-Hikmah IAIN Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis motif mahasiswa bergabung dalam keanggotaan Kopma Al-Hikmah IAIN Ponorogo yaitu untuk memperoleh penghargaan, keinginan untuk memperoleh pengakuan, keinginan menjadi pemimpin yang baik, kondisi lingkungan kerja, kompensasi yang memadai, supervisi yang baik, status dan tanggung jawab, teori hubungan sosial, dan kebutuhan aktualisasi diri. Kemudian partisipasi keanggotaan mahasiswa di dalam Kopma Al-Hikmah IAIN Ponorogo dikatakan baik dapat dilihat dari Rapat Anggota Tahunan, dan pemanfaatan pelayanan dari tiga indikator hanya satu yang tidak terpenuhi yaitu kontribusi modal berupa simpanan wajib anggota yang membayar kurang dari 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:33
Last Modified: 15 Oct 2021 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16090

Actions (login required)

View Item View Item