Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di BUMDes Mekar Lestari Desa Watusomo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri)

Permatasari, Feni (2021) Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di BUMDes Mekar Lestari Desa Watusomo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717064_Feni Permatasari_Ekonomi Syariah.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permatasari, Feni. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Bumdes Mekar Lestari Desa Watusomo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M.IRKH.

Kata Kunci: BUMDes, Masyarakat, Kesejahteraan.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa membentuk suatu badan keuangan yang bertempat didesa, yang disebut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Berdiri pada tahun 2019 BUMDes Mekar Lestari masih dikatakan belum berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Watusomo. BUMDes Mekar Lestari belum memiliki perkembangan yang signifikan karena tergolong badan usaha dengan usia muda. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu bagaimana peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mekar Lestari dalam meningkatkan kesejahetraan masyarakat dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mekar Lestari dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu peran BUMDes Mekar Lestari dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan faktor penghambat dan faktor pendukung BUMDes Mekar Lestari dalam upaya meningkatkan keejahteraan masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Mekar Lestari telah berperan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun peran yang dilakukan masih kurang maksimal karena masih ada sebagian masyarakat yang belum merasakan peran BUMDes Mekar Lestari. Selain itu, sumber daya manusia berpotensi yang lebih memilih bekerja dengan instansi lain menyebabkan kurangnya sumber daya manusia berpotensi dalam pengelolaan BUMDes Mekar Lestari. Adapun untuk faktor pendukung terletak pada potensi Desa dalam sektor ekonomi, yaitu hasil potensi pertanian dan perkebunan yang melimpah dan juga adanya potensi alam untuk pariwisata. Dampak daripada didirikannya BUMDes Mekar Lestari terhadap tingkat kesejahteraan sedikit membantu dengan dibuktikannya sebagian warga masyarakat yang kini memiliki pendapatan dan penghasilan tersendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:24
Last Modified: 14 Oct 2021 06:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16088

Actions (login required)

View Item View Item