..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Investasi Saham Di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo

Qoyyumi, Nujumul (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Investasi Saham Di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi KBS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Qoyyumi, Nujumul 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Investasi Saham di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Hj. Atik Abidah, M.S.I.
Kata Kunci: Investasi Saham, Akad Shirkah, Proporsi Keuntungan, Bagi Hasil
Dalam melakukan penghimpunan modal untuk dapat membangun usaha, masyarakat dapat mengunakan kerjasama dengan sistem investasi saham. PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo merupakan perusahaan milik organisasi Nahdlatul Ulama Ponorogo yang membuka penawaran investasi saham kepada masyarakat umum. Akad yang dipergunakan dalam investasi ini adalah akad shirkah. Shirkah merupakan persekutuan modal antara dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha bersama. Dalam pelaksanaan investasi ini, pada saat akad pengelola tidak menyepakati proporsi keuntungan bagi para mitra. Menurut teori, proporsi keuntungan harus disepakati di awal akad. Selain itu, kerugian yang terjadi pada tahun 2019 dibagi sama rata, sedangkan para ulama menyepakati bahwa proporsi kerugian dibagi berdasarkan proporsi modal. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian investasi saham di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo melalui pendekatan hukum Islam.
Dari latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad investasi saham di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo. (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap bagi hasil investasi saham di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman, yang meliputi tiga langkah: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawing/verification).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pertama, pelaksanaan akad investasi saham di PT Karya Bintang Sembilan Ponorogo secara umum telah sesuai dengan hukum Islam. Bentuk akad yang dilaksanakan menggunakan shirkah ina>n. Dalam ha penetapan proporsi keuntungan yang tidak disepakati di awal akad, akad investasi saham ini tetap sah dan sesuai dengan hukum Islam. Karena proporsi keuntungan disepakati bersama ketika RUPS. Kedua, ditinjau dari hukum Islam pelaksanaan bagi hasil di PT Karya Sembilan Ponorogo telah sesuai dengan hukum Islam. Hal ini berdasarkan alokasi keuntungan yang dihitung secara jelas dinyatakan dalam bentuk presentase, pembagian keuntungan kepada setiap pemegang saham berdasarkan investasi yang dikuantifikasikan dengan keuntungan setiap lembar saham, serta pembagian kerugian yang sesuai proporsi investasi masing-masing pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:24
Last Modified: 14 Oct 2021 03:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16083

Actions (login required)

View Item View Item