ANALISIS PEMBIAYAAN PADA PRODUK MIKRO 75 IB DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG MOJOKERTO MOJOPAHIT II

Lestari, Septanti Dwi (2021) ANALISIS PEMBIAYAAN PADA PRODUK MIKRO 75 IB DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG MOJOKERTO MOJOPAHIT II. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Septanti Dwi_210817106_Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan mikro kini menjadi produk pinjaman yang paling banyak digunakan oleh nasabah bank, terutama karena pengelolaannya menggunakan prinsip syariah. Salah satu alat analisis yang digunakan oleh bank syariah untuk menilai kelayakan calon nasabah adalah menggunakan Prinsip 5C (character, capacity, capital, collateral, keadaan ekonomi calon nasabah).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis pembiayaan di BSI KC Mojokerto Mojopahit II dan untuk mengetahui apa faktor penyebab pembiayaan bermasalah Pada Produk Mikro 75 iB Di BSI KC Mojokerto Mojopahit II. Dalam penyusunan skripsi penulis mengunakan metode penelitian lapangan (field research), penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan analisis 5C di BSI KC Mojokerto Mojopahit II belum sepenuhnya diterapkan dengan benar karena masih terjadi pembiayaan bermasalah yang disebabkan kurang telitinya pihak bank dalam menganalisis character, sehingga masih terjadi pembiayaan bermasalah karena adanya unsur kesengajaan dari nasabah yang karakternya kurang baik. Faktor yang menyebabkan pembiayaan bermasalah pada produk mikro 75 iB yang ada di BSI KC Mojokerto Mojopahit II yaitu terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya faktor internal yang berasal dari pihak bank dan faktor eksternal yang berasal dari pihak nasabah. Faktor dari pihak bank diantaranya muncul karena petugas bank jarang mendatangi nasabah, marketing melakukan analisis pembiayaan tidak secara hati-hati. Sedangkan faktor nasabah biasanya muncul karena manajemen usahanya kurang baik, penggunaan pembiayaan yang tidak sesuai dengan akad atau penyalah gunaan dana pembiayaan, kondisi ekonomi seperti adanya pandemi pada tahun 2020 lalu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:39
Last Modified: 13 Oct 2021 04:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16070

Actions (login required)

View Item View Item