PENANAMAN KARAKTER MELALUI TRADISI RO’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN (PPTQ) AL-HASAN PONOROGO

Surya, Ichwanul Adhib (2020) PENANAMAN KARAKTER MELALUI TRADISI RO’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN (PPTQ) AL-HASAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Upload Ichwnul Adhib Surya .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di tengah era globalisasi, pendidikan karakter menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar generasi penerus bangsa tidak tergerus dengan laju perkembangan zaman dengan meninggalkan perilaku-perilaku yang terpuji. Karakter yang harus ditanamkan kepada diri siswa sangat beragam. Dua di antaranya adalah karakter tanggung jawab dan kejujuran. Peran keluarga sangat penting dalam penanaman karakter, mengingat sebagian besar waktu siswa berada di rumah. Sehingga orang tua perlu memberikan perhatian terhadap penanaman karakter ini. Namun berbeda halnya jika siswa berada di lingkungan pondok pesantren. Di dalam kehidupan siswa di pesantren, mereka berada di bawah bimbingan dan pengawasan para pengasuh pondok dengan sistem fullday school. Sehingga hampir seluruh waktu siswa berada di pondok pesantren. Sehingga upaya penanaman karakter jauh lebih dapat dipantau oleh pengasuh pondok. Di pondok pesantren terdapat tradisi ro’an yakni tradisi gotong-royong para santri dalam mengerjakan amanah dari pengasuh pondok. PPTQ Al Hasan merupakan salah satu pondok salafiyyah di Ponorogo yang memiliki dua tradisi ro’an yakni ro’an bulanan atau akbar dan ro’an harian. Ro’an harian merupakan ro’an yang khusus dikerjakan santri nderek ndalem atau nderek kyai. Melalui tradisi ini, pengasuh pondok berupaya untuk menanamkan karakter tanggung jawab dan kejujuran pada santri.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ro’an harian di PPTQ Al-Hasan; (2) Untuk mengetahui upaya penanaman karakter tanggung jawab dan jujur pada diri santri melalui kegiatan ro’an harian di PPTQ Al-Hasan; (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan kegiatan ro’an harian di pondok PPTQ Al-Hasan terhadap penanaman karakter tanggung jawab dan jujur.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, gambar dan bukan angka, yang mana data diperoleh dari orang dan perilaku yang dapat diamati melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubermen yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verivication.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan kegiatan ro’an di PPTQ Al-Hasan berjalan dengan baik. Pelaksanaan ro’an dibagi menjadi dua kegiatan yaitu ro’an yang dilaksanakan sebagian santri dan ro’an yang dilaksanakan semua santri. Ro’an harian dilaksanakan oleh para santri nderek dan dikerjakan dengan berkoordinasi antar santri sehingga seluruh pekerjaan yang diamanahkan dapat diselesaikan dengan baik; (2) Penanaman karakter tanggung jawab pada diri santri melalui ro’an di antaranya dengan memberi amanah, memberi arahan, masukan, dan motivasi. Sedangkan penanaman karakter jujur diantaranya membiasakan santri untuk jujur dalam setiap hal, serta memberikan kepercayaan pada santri; (3) Hasil kegiatan ro’an dalam penanaman karakter tanggung jawab menjadikan santri lebih bertanggung jawab dalam menjalankan segala sesuatu yang dilakukan. Sedangkan dampak kegiatan ro’an dalam penanaman karakter jujur adalah menjadikan santri terbiasa jujur dalam segala sesuatu yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:25
Last Modified: 13 Oct 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16068

Actions (login required)

View Item View Item