PENERAPAN GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL (Studi di Perusahaan Beezy Board Ponorogo)

Khurniaji, Moh. Cahyo Rozzi'qul (2021) PENERAPAN GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL (Studi di Perusahaan Beezy Board Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210717156_MOH.CAHYO ROZZI'QUL KHURNIAJI..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khurniaji, Moh. Cahyo Rozziqul. Penerapan Gaya Kepemimpinan Spiritual (Studi di Perusahaan Beezy Board Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muchtim Humaidi, M.IRKH.

Kata Kunci: Kepemimpinan Spiritual, Dampak Gaya Kepemimpinan.

Spiritual leadership sebagai nilai-nilai, sikap dan perilaku yang diperlukan memotivasi intrinsik diri seseorang dan orang lain sehingga mereka memiliki rasa tanggung jawab spiritual. Perusahaan Beezy Board merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan mainan anak-anak. Bedasarkan pra survey peneliti mendapati bahwa gaya kepemimpinan yang dilakukan Beezy Board Ponorogo sudah melakukan kewajibannya sebagai seorang pemimpin. Namun, pada kenyataanya masih terdapat krisis didalam internal perusahaan. Adanya indikasi masalah yaitu tidak jujur, tidak disiplin yang dilakukan oleh karyawan. Rumusan masalah (1) Bagaimana analisis gaya kepemimpinan spiritual di perusahaan Beezy Board Ponorogo? (2) Apa dampak penerapan gaya kepemimpinan spiritual di perusahaan Beezy Board Ponorogo?
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research ) yaitu penelitian terhadap kasus yang terjadi di lapangan atau yang terjadi di suatu masyarakat. Penelitian dilakukan pada perusahaan Bezzy Board Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini, Beezy Board Ponorogo memilih mengunakan gaya kepemimpinan spiritual dengan melihat lingkungan tempat kerja untuk memimpin perusahaannya mengunakan nilai-nilai sikap spiritual. Namun masih belum sepenuhnya berhasil atau kurang maksimal terkait di kedisipilan dan kurang tegasnya pemimpin dalam memberikan sangsi kepada karyawan yang melanggar peraturan. Pemimpin perlu meningkatkan lagi dalam pengontrolan secara lagsung diperusahaan sehinga bisa mengawal karyawan secara maksimal. Dari gaya kepemimpinan spiritual tersebut memberikan dampak positif dan negatif bagi perusahaan. Dampak positif adalah loyalitas kerja karyawan dan kinerja karyawan jadi lebik baik. Dampak negatif yaitu adanya penolakan atau pengunduran diri dari karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchtim Humaidi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:29
Last Modified: 13 Oct 2021 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item